Metode evakuasi yang dilakukan adalah dengan menurunkan tali dan tangga agar kakek bisa dapat naik ke permukaan dengan tetap dibantu personel BPBD Belitung
Tanjungpandan (ANTARA) - Tim Unit Damkar dan Penyelamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil mengevakuasi seorang kakek berusia 70 tahun atas nama Supardi dari dalam sumur sedalam sembilan meter.

"Alhamdulillah, Supardi (70) berhasil kami evakuasi dari dalam sumur tua dengan kedalaman sembilan meter," kata Kepala Pelaksana BPBD Belitung, Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Kamis.

Baca juga: Tentara Israel kembali keluarkan perintah evakuasi di Khan Younis Gaza

Menurut dia, tim Damkar dan penyelamatan BPBD Belitung menerima laporan ada seorang kakek yang beralamat di jalan Gajah Mada, Kelurahan Lesung Batang, Tanjung Pandan tercebur ke dalam sumur.

Dari laporan itu, tim Damkar dan penyelamatan BPBD Belitung langsung menuju lokasi kejadian guna melakukan evakuasi.

"Metode evakuasi yang dilakukan adalah dengan menurunkan tali dan tangga agar kakek bisa dapat naik ke permukaan dengan tetap dibantu personel BPBD Belitung," ujarnya.

Diketahui kakek itu sengaja masuk ke dalam sumur untuk menyelamatkan seekor kucing yang jatuh ke dalam sumur tersebut, namun korban merasa kesulitan untuk naik kembali ke atas dan kondisi semakin lemas.

Baca juga: Polres terjunkan personel bantu tangani banjir Halmahera Tengah

"Ketika berada di dasar sumur, kakek kesulitan untuk naik ke atas sehingga kondisinya semakin melemah karena kekurangan oksigen ditambah diameter sumur yang sempit," katanya.

Dikatakannya, setelah beberapa menit akhirnya Supardi berhasil dievakuasi ke atas permukaan dalam kondisi selamat meskipun dalam keadaan lemas.

Ia mengimbau, masyarakat agar tidak mengevakuasi apapun di dalam sumur secara sendiri, karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Segera hubungi BPBD Belitung maka biarlah tim kami yang mengevakuasi apakah misalnya ada ayam, kucing atau hewan apapun yang tercebur ke sumur, jangan dievakuasi sendiri khawatir SOP-nya salah dan bisa membahayakan keselamatan diri sendiri," katanya.

Baca juga: Kebakaran hutan di utara Athena memicu lebih banyak proses evakuasi





 

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024