Banda Aceh (ANTARA) - Eks Panglima GAM yang juga Ketua DPP Partai Aceh Muzakir Manaf alias Mualem telah memilih Ketua Gerindra Aceh sekaligus anggota DPR RI Fadhlullah sebagai calon Wakil Gubernur Aceh pada Pilkada serentak 2024.

"Partai Aceh memilih Ketua DPD Gerindra Fadhlullah sebagai calon Wakil Gubernur Aceh untuk berpasangan dengan Muzakir Manaf,” kata Ketua Tim Seleksi Calon Kepala Daerah (Cakada) Partai Aceh, Nurlis Effendi, di Banda Aceh, Kamis.

Baca juga: NasDem usung Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah pada Pilkada Aceh 2024

Nurlis mengatakan, terpilihnya Fadhullah alias Dek Fad sebagai bakal calon wakil gubernur dari Partai Aceh itu diwarnai sejumlah dinamika politik dengan sejumlah partai koalisi.

"Terutama, pengaruh politik tingkat tinggi, partai-partai koalisi, dan pengaruh lobi-lobi politik,” ujarnya.

Baca juga: Lembaga di Aceh bentuk koalisi kawal informasi demokrasi Pilkada 2024

Kata dia, keputusan mengambil Dek Fad mendampingi Mualem juga berkaitan terhadap kepentingan strategis Aceh di tingkat nasional, sehingga keputusan tersebut dibuat.

Nurlis menjelaskan, penyampaian informasi ini kepada publik dilakukan sesuai dengan tahapan proses seleksi yang telah dijalankan selama beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Wakil Ketua DPRA nyatakan siap mundur dari legislatif, maju di Pilkada

Selanjutnya, tambah dia, bakal dilakukan penandatanganan pakta integritas dan juga tatap muka dengan Ketua Tuha Peut Partai Aceh PYM Malik Mahmud Al Haytar yang juga Wali Nanggroe Aceh.

Terhadap pengumuman ini, kata Nurlis, jika ada perubahan-perubahan akan disampaikan kembali kepada masyarakat Aceh.

“Politik ini kan dinamis, dapat terjadi perkembangan setiap saat. Saya kira setiap politisi memahaminya,” demikian Nurlis.

Baca juga: Gerindra umumkan sejumlah bakal cagub untuk Pilkada Aceh hingga NTT
Baca juga: Gubernur jamin Aceh aman pasca-Pemilu hingga PON dan Pilkada 2024
Baca juga: KIP Aceh Barat tetapkan syarat dukungan perseorangan Pilkada 2024

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024