Jakarta (ANTARA) - Platform perdagangan elektronik (e-commerce) Shopee mengajak masyarakat untuk menyambut Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia dengan semangat lokal melalui pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Shopee mengajak para pengguna untuk merayakan semangat lokal melalui fitur serta program seperti Shopee Pilih Lokal. Ini merupakan bentuk nyata dukungan untuk memberikan panggung serta menambah eksposur bagi banyak produk lokal unggulan," kata Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia Putri Lukman dalam konferensi pers "Rayakan Semangat Lokal di Era Digital" yang digelar di Jakarta, Kamis.

Putri mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi menawarkan berbagai peluang bagi masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi memperkuat potensi budaya lokal.

Begitu juga dengan Shopee yang terus berupaya menghadirkan fitur dan program yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha lokal untuk menciptakan bisnis berkelanjutan.

Selain itu, sekaligus menjadi wadah yang memberikan kemudahan akses bagi pengguna untuk berbelanja produk lokal.

Baca juga: Kolaborasi Shopee & Pos Indonesia tingkatkan daya saing UMKM Surabaya

Baca juga: Shopee dukung UMKM dan jenama lokal perluas jangkauan


Menurut dia, Shopee telah menciptakan akses inklusif untuk memberdayakan lebih banyak pelaku usaha lokal untuk berkembang.

Di tahun 2023, sebanyak 84 persen pelaku usaha di Shopee berasal dari UMKM dan merk lokal, di mana 93 persen transaksi di platform juga berasal dari UMKM dan produk-produk lokal.

Adapun upaya Shopee melestarikan semangat UMKM terbukti dengan berhasil mencatatkan lebih dari 29 juta kunjungan laman Shopee Pilih Lokal selama paruh pertama tahun 2024.

Kemudian, peningkatan empat kali lipat pesanan dari produk-produk lokal pada puncak kampanye di sepanjang tahun 2024.

Selanjutnya, sebanyak 26 juta produk telah diekspor sepanjang tahun 2024, dengan dua kali lipat peningkatan transaksi produk UMKM yang diekspor di awal tahun 2024.

"Sejalan dengan misi Shopee untuk terus meningkatkan kualitas hidup seluruh pengguna melalui teknologi, kami memaknai arti kemerdekaan sebagai kesetaraan akses bagi setiap individu dalam menggapai mimpi," ujarnya.

Ia menambahkan, Shopee kembali menghadirkan kampanye 17.8 Festival Pilih Lokal yang berlangsung sejak 9 hingga 17 Agustus 2024.

Sepanjang kampanye berlangsung, Shopee berkolaborasi bersama mitra UMKM dan merek lokal untuk menghadirkan berbagai ragam pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan berbagai promo menarik seperti Flash Sale RP17, Gratis Ongkir RP0 Se-Indonesia dan Ekstra Diskon 79%.

Baca juga: UMKM bisa tingkatkan penjualan berkat fitur-fitur Shopee

Baca juga: Inovasi fitur Shopee berdampak positif terhadap merek lokal

Baca juga: Shopee Live bantu perkuat bisnis UMKM & brand lokal di awal 2024

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024