Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari Presiden Joko Widodo sebagai bentuk apresiasi negara atas dedikasi dan kontribusi signifikan dalam memajukan kesejahteraan sosial di Indonesia.  
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kementerian Sosial di Jakarta pada Kamis, pihaknya menerangkan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga negara yang telah berjasa besar bagi bangsa dan negara.
 
Berkenaan dengan hal tersebut, Risma dinilai telah menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya mereka yang berada dalam kelompok pra sejahtera.
 
Selama memimpin sejak menjadi Wali Kota Surabaya hingga Risma dikenal mempunyai komitmen tinggi dalam menangani berbagai masalah sosial di masyarakat.
 
Salah satu bukti tingginya komitmen tersebut, Risma menggunakan 60 persen waktunya untuk terjun langsung ke lapangan, disamping merancang berbagai program inovatif untuk mengatasi masalah kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Adapun beberapa inisiatif itu, antara lain Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), pembangunan ratusan lumbung sosial untuk mitigasi bencana, penanganan penyakit katarak, pengidap kusta, bantuan air bersih, pembangunan rumah sejahtera terpadu, penyaluran alat bantu bagi penyandang disabilitas, penanganan terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).
 
Disamping itu, Risma pun menaruh perhatian pada penanganan korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), penanganan anak sebagai kelompok rentan serta berbagai bantuan lainnya, khususnya bagi daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) untuk memastikan bantuan sosial sampai kepada mereka yang membutuhkan.
 
Penganugerahan itu jelas menambah daftar panjang prestasi yang telah diraih Risma sepanjang kariernya, baik saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya maupun sebagai Menteri Sosial.
 
Sebagai informasi, upacara penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan RI.
 
Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi besar yang telah para tokoh berikan di berbagai bidang, khususnya selama bertugas di pemerintahan Presiden Joko Widodo pada Kabinet Kerja 2014-2019 dan Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Baca juga: Mensos Risma terima penghargaan penerapan sistem merit sangat baik
Baca juga: Mensos Risma edukasi calon pekerja migran agar tidak jadi korban TPPO
Baca juga: Mensos tekankan peran pemimpin dalam transformasi kesejahteraan sosial

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024