Jakarta (ANTARA) - Penyanyi dan pegiat sosial Andien Aisyah berharap agar inklusivitas dapat segera tercapai dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

"Harapannya semoga inklusivitas benar-benar dapat tercapai dan kesetaraan memang benar-benar bisa diterapkan di dalam masyarakat," kata Andien kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Pendiri Andien Aisyah Foundation itu memaknai perayaan Hari Kemerdekaan RI sebagai momentum untuk memerdekakan diri dari segala belenggu maupun sekat-sekat yang ada. 

Baca juga: Terinsipirasi dari sang ibu, Andien dirikan Andien Aisyah Foundation

Tidak hanya itu, ia juga mengajak masyarakat untuk memaknai kemerdekaan dengan memperjuangkan inklusivitas atau kesetaraan bagi kaum disabilitas.

Menurut dia, memperjuangkan inklusivitas sama artinya dengan memperjuangkan hak-hak disabilitas, lantaran berbagai keterbatasan yang dihadapi di dalam masyarakat.

"Memaknai kemerdekaan dalam arti yang sesungguhnya. Kita seringkali teriak merdeka tetapi sebenarnya jiwa masih terbelenggu untuk berani menyatakan diri kita. Dari hal terkecil saja, apakah kita sudah merdeka menjadi diri kita," ujarnya.

Baca juga: Andien soroti kondisi anak dan perempuan bangsa masih memprihatinkan

Diketahui, Andien adalah seorang penyanyi Indonesia yang telah terlibat dalam industri musik selama 24 tahun lebih.

Ia mengaku memiliki cinta yang besar terhadap mode keberlanjutan dan juga kepedulian yang mendalam terhadap masalah pendidikan dan sosial masyarakat Indonesia.

Selama bertahun-tahun, Andien secara kolektif telah aktif mendonasikan dan menggalang dana untuk berbagai masalah kesehatan dan sosial seperti kanker payudara, anak-anak yang menderita kanker, stunting di daerah terpencil, korban bencana alam, program pendidikan gratis di kampung pemulung, program untuk masyarakat terdampak pandemi, hingga isu disabilitas.

Baca juga: Andien ajak anak ikut kegiatan sosial tumbuhkan rasa peduli sesama

Baca juga: Andien Aisyah resmikan sekolah untuk warga kampung pemulung Jakbar

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024