Beijing (ANTARA) - Sektor jasa China mencatatkan pemulihan yang lebih cepat bulan lalu seiring meningkatnya permintaan domestik yang mendorong aktivitas di berbagai industri, mulai dari transportasi hingga budaya dan olahraga, tunjuk data resmi pada Kamis (15/8).

Indeks produksi jasa meningkat 4,8 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada Juli 2024, meningkat 0,1 poin persentase dari bulan sebelumnya, kata Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China.

Jika diperinci, subindeks layanan transmisi informasi, perangkat lunak, dan teknologi informasi melaporkan pertumbuhan paling kuat yaitu 12,6 persen, disusul oleh pertumbuhan layanan penyewaan dan bisnis sebesar 9 persen, dan 5,3 persen untuk layanan transportasi, penyimpanan, dan pos. Sementara itu, indeks sektor keuangan meningkat 5,1 persen.

Data juga menunjukkan bahwa beberapa industri berada di level kesejahteraan yang tinggi, termasuk transportasi kereta dan udara, layanan pos, telekomunikasi, layanan penyiaran dan transmisi satelit, serta budaya, olahraga, dan hiburan.

Sektor jasa China melaporkan pertumbuhan yang dinamis sejak awal tahun ini seiring lonjakan perjalanan liburan mendongkrak sektor transportasi dan perhotelan dan lebih banyak kebijakan diluncurkan untuk merangsang konsumsi jasa.

Perjalanan penumpang kereta telah melampaui 600 juta hingga Senin (12/8) sejak arus perjalanan musim panas dimulai pada 1 Juli, kata juru bicara NBS Liu Aihua.

Sebelumnya pada bulan ini, Dewan Negara China merilis sebuah pedoman untuk semakin mengembangkan layanan konsumen serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang dipersonalisasi dan beragam. Berbagai upaya akan dilakukan untuk memanfaatkan potensi konsumsi di sektor-sektor seperti layanan rumah tangga, perawatan warga lanjut usia, dan pendidikan, serta mendorong jenis konsumsi baru seperti layanan digital, ramah lingkungan, dan kesehatan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024