bencana kekeringan belum sepenuhnya pulih
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar memutuskan untuk melanjutkan penyaluran air bersih hingga 10 hari ke depan di daerah terdampak kekeringan di Kecamatan Lhoknga.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras, terutama para sopir yang bertugas mengantarkan air ke gampong-gampong yang terdampak krisis air di wilayah Lhoknga dan sekitarnya,” kata Sekda Kabupaten Aceh Besar Sulaimi di Lhoknga, Kamis.

Saat memimpin rapat evaluasi penanganan kekeringan di Kecamatan Lhoknga, ia menyebutkan kondisi kekeringan tersebut melanda 28 gampong di Kecamatan Lhoknga dan tiga gampong di Kecamatan Peukan Bada.

“Kita terus melakukan berbagai upaya untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih karena bencana kekeringan belum sepenuhnya pulih. Artinya distribusi air bersih harus terus dilakukan hingga kondisi benar-benar normal,” katanya.

Baca juga: Tiga juta liter air disalurkan atasi dampak kekeringan di Aceh Besar
Baca juga: Dinas PUPR Aceh Besar gilir distribusi air cegah gagal panen padi



Sekda Aceh Besar Sulaimi juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para sopir dan seluruh tim yang telah bekerja maksimal meskipun dalam kondisi keterbatasan untuk mendistribusikan air kepada masyarakat terdampak kekeringan.

Ia juga berpesan kepada seluruh personel untuk terus bersemangat dan tetap menjaga kesehatan dalam melaksanakan misi kemanusiaan membantu masyarakat terdampak kekeringan.

"Terima kasih kepada semua yang telah bekerja maksimal selama ini untuk distribusi air bersih, semoga kita bisa terus berlanjut dan lancar dalam membantu 31 gampong yang terdampak," tutupnya.

Rapat tersebut dihadiri Kalaksa BPBD Aceh Besar, Kepala Inspektorat Aceh Besar, Perwakilan BPPW Aceh, Perwakilan PDAM Tirta Mountala Aceh Besar dan pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh Besar serta Forkopimcam Lhoknga.

Baca juga: BPBA: Dua daerah di Aceh berpotensi kekeringan dan krisis air bersih
Baca juga: Kemensos bantu air dan 13 tandon di daerah kekeringan Aceh Besar
Baca juga: Curah hujan rendah, Lhoknga Aceh dilanda kekeringan


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024