Techical delegate yang punya kewenangan menetapkan arena, jadi masih menunggu hasil keputusannya
Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara (PB PON Sumut) masih menunggu keputusan techical delegate terkait arena tinju yang akan digunakan di Kota Pematang Siantar.

Sekretaris Umum PB PON Effendy Pohan mengatakan bahwa arena tinju yang sebelumnya ditempatkan di Gedung Merdeka Kota Siantar mendapat masukan dari pengurus Persatuan Tinju Amatir (Pertina) untuk di alihkan ke Universitas HKBP Nommensen Siantar.

"Kami masih menunggu hasil keputusan dari techical delegate Pengurus Pusat Pertina," ujar Effendy Pohan, di Medan, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa menentukan arena pertandingan yang akan digunakan pada PON 2024 merupakan wewenang dari techical delegate dari masing-masing cabang olahraga. PB PON Sumut hanya memberi rekomendasi arena tersebut.

"Techical delegate yang punya kewenangan menetapkan arena, jadi masih menunggu hasil keputusannya," kata dia.

Baca juga: Gubernur pastikan Sumut siap uji coba arena PON 2024

Sebelumnya, Ketua Umum PP Pertina Komaruddin Simanjuntak menyebut arena tinju yang tengah dipersiapkan itu tidak sesuai dengan standar International Boxing Assosiation (IBA).

Hal itu disampaikan Komaruddin Simanjuntak setelah pihaknya meninjau arena tinju yang berlokasi Gedung Merdeka Siantar, Kota Pematang Siantar.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan telah disampaikan sejak Juli sesuai dengan surat PP Pertina Nomor 02/TD/PON.XXI/PERTINA/VII/2024 tanggal 23 Juli 2024 perihal Penyampaian peninjauan arena cabang olahraga Tinju PON XXI/2024 yang ditujukan kepada Ketua Umum PB PON 2024.

Mengingat waktu semakin dekat, pihaknya juga telah melayangkan kembali surat kepada PB PON 2024 tentang kejelasan arena PON untuk cabang olahraga tinju.

"Karena banyak komponen standar IBA yang tidak tersedia sebagaimana telah disampaikan dalam surat PP Pertina sebelumnya," ujar Komaruddin.

Baca juga: Pertina Sumut targetkan 10 emas di PON 2024
Baca juga: Polda Sumut siapkan pos pengamanan di setiap arena PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024