Dengan kerja sama ini, setidaknya 180 juta masyarakat Indonesia kini memiliki akses untuk berinvestasi di reksa dana dengan mudah dan murah.
Jakarta (ANTARA) - STAR Asset Management (AM) menjalin kerja sama dengan DANA menghadirkan layanan investasi reksa dana yang tersedia dalam kategori ‘finance’ di aplikasi DANA, dengan STAR AM sebagai Manajer Investasi (MI) pertamanya.

CEO STAR AM Hanif Mantiq mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen untuk membantu masyarakat mencapai aspirasi keuangan mereka.

“Dengan kerja sama ini, setidaknya 180 juta masyarakat Indonesia kini memiliki akses untuk berinvestasi di reksa dana dengan mudah dan murah,” ujar Hanif, di Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan sama, CFO DANA Indonesia Yattha Saputra menyebut bahwa pihaknya menyambut positif kerja sama dengan STAR AM yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

“Kehadiran fitur reksa dana, sejalan dengan visi dan misi kami untuk membantu masyarakat Indonesia semakin mengerti keuangan dan memiliki akses menuju layanan keuangan digital mulai dari asuransi hingga investasi. Sehingga, kami berharap bisa mewujudkan masyarakat Indonesia non-tunai yang sehat dan merdeka secara finansial,” ujar Yattha.

Yattha menjelaskan, produk STAR Money Market Kelas DANA dari STAR AM akan tersedia untuk pertama kalinya di aplikasi DANA, yang sesuai untuk investor pemula karena reputasinya yang tinggi.

Menurutnya lagi, performa unggulan STAR Money Market yaitu berisiko rendah dengan kinerja satu tahun per 31 Juli 2024 sebesar 5,04 persen, yang mana return tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata bunga deposito perbankan.

“Dengan pertumbuhan yang menarik, stabil, serta likuiditas tinggi dengan risiko terukur menjadikan reksa dana tersebut sangat ideal bagi investor pemula,” ujar Yattha.

Hingga 12 Agustus 2024, jumlah total nasabah STAR AM yang melakukan registrasi melalui aplikasi DANA telah mencapai lebih dari 290 ribu nasabah.

Per akhir Juli 2024, STAR AM tercatat mengelola dana investasi masyarakat senilai lebih dari Rp17,4 triliun, yang mana lebih dari Rp7,8 triliun merupakan dana kelolaan reksa dana yang tersebar di berbagai kelas aset.

Dengan total dana kelolaan reksa dana tersebut, STAR AM menempati posisi ke-18 sebagai Manajer Investasi dengan dana kelolaan reksa dana terbesar dari total 92 Manajer Investasi yang terdaftar di OJK.
Baca juga: STAR Asset Management angkat Hanif Mantiq jadi dirut baru
Baca juga: Ekonom: Sektor perbankan tangguh di tengah volatilitas pasar modal

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024