Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Apple akhirnya membuka akses pengembangan fitur NFC di ponsel pintarnya untuk para pengembang aplikasi setelah sebelumnya akses tersebut dibatasi.

Hal itu akan dilakukan mulai dari iOS 18.1 memungkinkan para pengembang aplikasi melakukan eksplorasi fitur transaksi nirsentuh di Apple yang terlepas dari model pembayaran yang dikembangkan Apple pada dompet digitalnya.

Hal ini diumumkan Apple secara langsung di Apple Newsroom, pada Rabu (14/8) waktu setempat.

Baca juga: Apple didesak Uni Eropa berbagi akses lewat Apple Pay

Dengan menggunakan NFC yang baru dan API SE (Secure Element) para pengembang aplikasi bisa memasukkan fungsi-fungsi baru ke gawai Apple mulai dari dukungan pembayaran nirkontak, kunci mobil, kartu identitas siswa, kunci rumah, kunci hotel, kartu keanggotaan, tiket acara, bahkan mungkin kartu identitas resmi yang dirilis pemerintah.

Dengan NFC baru dan API SE, Apple menyiapkan keamanan yang telah tesertifikasi standar industri yang dirancang untuk menyimpan informasi sensitif dengan aman di perangkat.

Bagi pengembang yang tertarik untuk menjajal dan mengeksplorasi fitur NFC di gawai Apple, nantinya mereka harus membuat perjanjian komersial dengan Apple, meminta hak NFC dan SE, dan membayar biaya terkait.

Baca juga: Apple hentikan layanan Apple Pay Later

Hal ini perlu dilakukan memastikan bahwa hanya pengembang resmi yang memenuhi persyaratan industri dan peraturan tertentu, dan berkomitmen pada standar keamanan dan privasi Apple berkelanjutan, yang dapat mengakses API yang relevan.

API NFC dan SE akan tersedia bagi pengembang di Australia, Brazil, Kanada, Jepang, Selandia Baru, Inggris Raya, dan AS dalam bentuk aplikasi untuk pengembang yang akan datang yaitu iOS 18.1, dengan lokasi tambahan yang akan menyusul.

Pengembang dan pengguna nantinya akan terus memiliki akses ke pengalaman Apple Pay dan Wallet yang mudah, aman, dan pribadi.

Baca juga: Apple memperkenalkan “Tap to Pay” di iPhone

Baca juga: Apple didenda Rp81 miliar akibat gagal patuhi aturan di Belanda

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024