IKN (ANTARA) - Sejumlah posko kesehatan disiagakan di sekitar Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, untuk pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2024 di IKN.

“Kalau ring 1 ini, posko pertama itu adalah sini, Kemenko I dan Kemenko III sana. Kemudian di sekitaran daerah upacara sana ada posko kesehatan timur dan posko kesehatan barat itu untuk membackup peserta upacara dan petugas upacara termasuk matra (TNI) ya, dari tiga angkatan,” ujar Koordinator Tim Medis Kesehatan Posko Kemenko 1 Adam Kristy kepada Tim Antara di IKN, Kamis.

Selain posko-posko tersebut terdapat juga posko kesehatan di dalam Istana Kepresidenan yang disiagakan untuk tamu VIP, serta posko kesehatan khusus di Istana Negara yang khusus menangani Presiden dan Presiden Terpilih RI.

Dia mengatakan secara umum tim medis di setiap posko diminta untuk mengantisipasi ancaman-ancaman kesehatan seperti sengatan panas (heatstroke), Infeksi Saluran pernapasan Akut (ISPA) hingga gigitan serangga.

Jika ada kasus penyakit berat maka tim medis akan melakukan rujukan ke RSUD Sepaku, RS swasta atau RS IKN. Menurut Adam, ruang ICU di RS IKN sudah bisa digunakan.

Sebanyak 40 ambulance juga disiapkan untuk mengantisipasi kebutuhan terkait masalah kesehatan di IKN selama penyelenggaraan upacara 17 Agustus 2024.

Selain posko kesehatan di ring 1 sekitar Istana Kepresidenan, di kawasan IKN juga terdapat sejumlah klinik di Hunian Pekerja Konstruksi yang masuk ke dalam ring atau zona 2.

Klinik-klinik tersebut akan memberikan dukungan jika dibutuhkan saat pelaksanaan 17 Agustus 2024.

Baca juga: Tim medis IKN antisipasi ancaman heatstroke saat upacara 17 Agustus

Baca juga: Jalan yang akan dilalui Presiden pada HUT RI di IKN dibersihkan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024