Pertanian lahan tanpa bakar adalah upaya adaptasi terhadap perubahan iklim yang dapat dilakukan para petani.
Pekanbaru, (ANTARA) - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) bekerjasama dengan PT Pertamina Hulu Rokan memfasilitasi praktik pertanian lahan tanpa bakar (PLTB) dalam upaya restorasi gambut di Kepenghuluan (Desa) Sintong Pusaka, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau.

Kepala Kelompok Kerja Partisipasi dan Kemitraan BRGM M Yusuf mengatakan inisiatif pemuda desa dalam hal ini melakukan budi daya tanaman Semangka dan peternakan secara organik. Pihaknya juga mendirikan rumah belajar inovasi (TNI) sebagai sarana belajar dan demonstration plot (demplot).

"Hal ini sejalan dengan misi BRGM RI untuk merestorasi gambut sebagai upaya menyerap emisi karbon. Pertanian lahan tanpa bakar adalah upaya adaptasi terhadap perubahan iklim yang dapat dilakukan para petani," katanya dalam keterangan diterima, di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan budi daya pertanian pada lahan bekas gambut memberi tantangan sendiri terutama kondisi tanah yang berpasir, minim unsur hara dan cuaca panas pada kondisi tertentu. Hal ini menandakan dampak perubahan iklim sudah menjadi kenyataan, sehingga perlu kemampuan adaptasi dari para petani khususnya anak muda dan remaja yang ingin mengembangkan pertanian.

Kegiatan pemuda dan remaja itu didukung oleh PT PHR melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) sejak tahun 2022. PT PHR bermitra dengan BRGM yang telah menandatangani nota kesepahaman sejak tahun 2022 dalam rangka merestorasi gambut di Provinsi Riau dengan berbagai kegiatan.

Salah satu pesertanya Halim (22 ) yang merupakan pemuda desa yang putus kuliah dan kembali ke desa. Bersama sejumlah anak muda dan remaja sekolah, dia aktif mengembangkan PLTB, peternakan ayam dan pakan ayam organik dari maggot dan azola sebagai bahan pakan organik, peternakan ayam, pengembangan bank sampah.

Selain Sintong Pusaka, ada 8 desa lainnya yang menjadi lokasi kegiatan di dua kabupaten yaitu Rohil dan Bengkalis. Di antaranya Kepenghuluan Sintong Bakti, Bangko Jaya, Sekeladi Hilir, Rantau Bais, Teluk Nilap, Rantau Kopar, Desa Bumbung, dan Desa Petani.
Baca juga: Riau sediakan alat berat untuk masyarakat buka lahan tanpa bakar
Baca juga: Gubernur Jambi minta warga lakukan pembukaan lahan tanpa bakar

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024