Jakarta (ANTARA) - Puskesmas Kemayoran mengoptimalkan pengawasan anemia pada remaja putri melalui penggalangan komitmen dan pelantikan "Agent of Change" (AoC) di SMA Muhammadiyah 2 Jakarta, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Komitmen tersebut bernama "Gerakan Optimalisasi Pengelola Anemia pada Remaja Putri dengan Suplemen Zat Besi dan Makanan Bergizi" (Galakzi).
 
"Salah satunya membentuk AoC remaja putri di sekolah bertujuan memantau remaja putri agar minum tablet tambah darah sesuai dengan jadwal. Maka kita lantik 26 putri di SMA Muhammadiyah 2 Jakarta," kata Perwakilan Puskesmas Kemayoran Liana Lidya di Jakarta, Kamis.
 
Liana menyebutkan, remaja AoC bertugas memberikan tablet tambah darah satu minggu sekali, dalam setahun diberikan 52 tablet, dan pemberiannya selalu dipantau kepada 16 remaja putri di sekolah Muhammadiyah 2 Jakarta.
 
Pada tahun 2023, pihaknya melakukan skrining hemoglobin dan didapatkan 58,6 persen remaja putri di wilayah Kemayoran terindikasi mengalami anemia.
 
"Anemia dapat menyebabkan gangguan konsentrasi belajar, lemah, lesu dan meningkatkan resiko anemia pada kehamilan saat remaja putri berada di usia produktif," ujar Liana.

Baca juga: Jakarta Utara cegah remaja putri anemia untuk kurangi tengkes
Baca juga: Menko PMK: Perempuan memiliki peran penting dalam masa depan bangsa
 
Liana berharap, hasil intervensi dapat menurunkan angka anemia pada remaja putri di wilayah Kemayoran turun 30 persen pada tahun 2024.
 
"Saya memohon dukungan dari para lintas sektor pihak sekolah dan AoC yang sudah kami dilantik bersama berkomitmen dan berkolaborasi menuntaskan masalah anemia pada remaja putri," kata Liana.
 
Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Setko Jakarta Pusat Reza Pahlevi mengapresiasi langkah inovasi yang dilakukan Puskesmas Kemayoran dalam menurunkan angka anemia pada remaja putri.
 
"Saya mengapresiasi inovasi dari Puskesmas Kemayoran dalam menuntaskan anemia pada remaja putri. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat," kata Reza.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024