Palembang (ANTARA) - Staf Ahli Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Hamka Hendra Noer S ikut menyemarakkan lomba olahraga dan permainan tradisional menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan.

Berbagai lomba olahraga dan permainan tradisional, seperti tarik tambang dan balap terompah panjang di halaman Kantor Pemkab Muba, Sekayu, Kamis, tampak semakin seru dengan kehadiran dan keikutsertaan Staf Ahli Kemenpora, Hamka Hendra, Penjabat Bupati Muba Sandi Fahlepi bersama Forkopimda setempat.

Teriakan dan dukungan penonton saat menyaksikan para pejabat berlomba dalam permainan balap terompah panjang.

Baca juga: Polisi bersama TNI periksa truk yang melintasi Musi Banyuasin

Penjabat Bupati Muba Sandi Fahlepi menjelaskan bahwa pihaknya menggelar berbagai lomba olahraga dan permainan tradisional untuk memeriahkan perayaan HUT RI tahun 2024, di antaranya lomba permainan tradisional egrang (khusus umum, instansi), balap karung (khusus siswa SD), tarik tambang (khusus umum, dinas dan instansi), terompah panjang (khusus siswa SMA), dan lari balok (khusus siswa SMP).

Melalui berbagai perlombaan itu, diharapkan pegawai jajaran Pemkab Muba, pelajar, dan masyarakat umum bergembira dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kabupaten Muba dan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) Tahun 2024.

Perlombaan olahraga dan permainan tradisional itu sebagai momentum yang baik dan tepat untuk menumbuhkan kesadaran serta meningkatkan sportivitas dan kualitas kesehatan masyarakat Muba.

Menurut dia, di era teknologi tinggi saat ini banyak orang melupakan keberadaan olahraga dan permainan tradisional yang sering dilakukan semasa kecil, seperti balago, begasing, mengatek, balap karung, dan tarik tambang. Dalam permainan tersebut terdapat gerakan-gerakan fisik yang dapat menyehatkan tubuh.

Sandi mengatakan pelaksanaan FOP merupakan amanah desain besar olahraga nasional (DBON) sebagai perwujudan sistem festival dan kompetisi olahraga pelajar berkualitas, terencana, berjenjang, dan berkelanjutan.

Salah satu tujuan kegiatan FOP adalah memberikan kesempatan bagi pelajar tingkat SD, SMP, SMA sederajat untuk melakukan aktivitas gerak jasmani agar memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan prima, sehingga dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa Indonesia.

"Kami sangat bangga Kabupaten Muba ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah dari program Kemenpora RI, yakni FOP tahun 2024," ujar Pj Bupati Muba.

Sementara itu, Hamka Hendra Noer menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Muba yang berkenan menyelenggarakan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) tahun 2024 serta memberi apresiasi kepada para peserta didik, guru pendamping, panitia, dan seluruh pihak terkait yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan FOP ini.

Dia juga berharap Festival Olahraga Pendidikan itu memberikan awal perjalanan yang berkelanjutan menuju kebugaran, kesehatan, dan karakter kepemimpinan.

Baca juga: Kemensos bantu pengobatan pasien cerebral palsy di Musi Banyuasin

Baca juga: Pemkab Muba ajak perusahaan bantu warga terdampak banjir


Melalui perpaduan antara olahraga dan pendidikan, FOP dapat menjadi momentum yang menggerakkan, menginspirasi, dan membentuk karakter peserta didik sebagai generasi penerus bangsa.

Festival Olahraga Pendidikan tahun 2024 dilaksanakan dalam bentuk permainan atau perlombaan yang bersifat tradisional maupun kontemporer yang di dalamnya terdapat unsur gerak olahraga pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak dan keterampilan kepemimpinan.

Panitia FOP 2024 di tingkat daerah juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas dengan menambahkan permainan atau olahraga tradisional yang menjadi ciri khas daerah.

"Semoga kegiatan ini menjadi langkah yang baik dalam pembangunan keolahragaan ke depan," Hamka Hendra.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024