Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Inggris Brighton and Hove Albion dilaporkan telah mengaktifkan klausul rilis penyerang Georginio Rutter di klub Divisi Championship Leeds United pada bursa transfer musim panas ini.

Dikutip dari Sky Sports, Kamis, Brighton siap menggelontorkan total biaya transfer sebesar 40 juta euro atau sekira Rp691 miliar untuk mendatangkan Rutter ke Amex Stadium.

Diaktifkannya klausul rilis Rutter oleh Brighton memastikan tak ada klub lain yang bisa mengalahkan penawaran The Seagulls karena deadlinenya adalah Rabu tengah malam waktu setempat.

Keputusan Brighton untuk mendatangkan Rutter tidak terlepas dari penampilan impresif pemain asal Prancis tersebut pada kompetisi musim 2023/24.

Pemain kelahiran 20 April 2002 itu tercatat tampil sebanyak 51 pertandingan di berbagai ajang serta mampu menorehkan delapan gol serta 16 assist dari total 4.210 menit bermain.

Georginio Rutter bisa menjadi pemain keenam yang didatangkan oleh Brighton pada bursa transfer musim panas ini di bawah pelatih anyar Fabian Hurzeler.

Pada Rabu kemarin, Brighton telah mengumumkan kedatangan pemain berusia 20 tahun Brajan Gruda dari klub Liga Jerman Mainz dengan total biaya sekitar 25 juta euro (Rp432 miliar).

Sebelum kedatangan Gruda, Brighton tercatat telah mendatangkan Yankuba Minteh, Mats Wieffer, Ibrahim Osman, Malick Junior-Yalcouye dan Amario Cozier-Duberry.

Setelah resmi ditinggalkan pelatih Roberto De Zerbi, Brighton bersama Hurzeler pada kompetisi musim ini berupaya untuk kembali bersaing di Liga Inggris musim ini dan bertarung untuk zona Eropa.

Baca juga: Borussia Dortmund rekrut gelandang Jerman Pascal Gro dari Brighton

Baca juga: Brighton rekrut Hurzeler sebagai manajer termuda Liga Inggris

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024