Xi'an (ANTARA) - Peluncuran layanan kapal peti kemas khusus di Laut Hitam telah meningkatkan efisiensi kereta kargo China-Eropa yang berangkat dari Xi'an di Provinsi Shaanxi, China barat laut, serta melintasi Laut Kaspia dan Laut Hitam via transportasi antarmoda rel-laut.

Pada Selasa (13/8), kereta kargo pertama yang memanfaatkan layanan baru ini, yang mengangkut suku cadang dan peralatan mesin, meninggalkan stasiun pelabuhan internasional Xi'an menuju Mannheim di Jerman.

Kereta kargo itu kini menikmati transportasi kapal khusus dan tidak seperti sebelumnya yang bergantung pada transportasi umum kolektif, secara signifikan mempercepat logistik dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan, kata Yuan Xiaojun, Manajer Umum Xi'an Free Trade Port Construction and Operation Co., Ltd.

Waktu tunggu di Poti, sebuah kota pelabuhan di Georgia, kini akan dipersingkat. Setibanya di negara-negara Uni Eropa, peti kemas akan dipindahkan ke lokomotif dan gerbong kereta otomatis, sehingga mengurangi waktu transit antarmoda hingga dua pertiga, jelas Yuan.

Kereta itu akan melintasi berbagai negara dan kawasan termasuk Kazakhstan, Georgia, Hongaria, dan Republik Ceko, dan diperkirakan akan mencapai tujuan akhir pada awal September, dengan total jarak tempuh mencapai 11.300 kilometer.

Xi'an telah menangani 2.998 kereta kargo China-Eropa dalam tujuh bulan pertama tahun ini, naik 28,6 persen secara tahunan (year on year/yoy), dengan volume kargo naik 19,5 persen menjadi 3,27 juta ton, menurut China State Railway Group Co., Ltd. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024