Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan mengadakan focus group discussion (FGD) yang bertajuk "Kedaulatan Pangan di Indonesia (Beras, Kedelai dan Jagung)" di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan diskusi soal pangan dan pertanian ini merupakan tindak lanjut dari hasil rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP.

Adapun salah satu poin dalam rekomendasi Rakernas V PDIP pada poin 11 menyebut, “Rakernas V Partai mendorong Tiga Pilar Partai untuk mempercepat kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani melalui Pokok-pokok Kebijakan Kedaulatan Pangan Partai sebagaimana telah direkomendasikan pada Rakernas IV Partai tahun 2023.”

“Kami membahas aspek-aspek strategis bagaimana membangun kedaulatan pangan tetapi sekaligus mensejahterakan petani,” kata Hasto.

Sementara itu, pengurus DPP PDIP Mindo Sianipar mengatakan partainya selalu berkomitmen agar Indonesia berdaulat di bidang pangan dan memperkuat produktivitas padi.

Apalagi, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri selalu menginstruksikan kepada seluruh kader partai berlambang banteng moncong putih itu untuk menggalakkan pangan pendamping beras di daerah masing-masing.

"Ibu Megawati, Ketua Umum PDIP selalu menggalakkan 10 makanan pendamping beras bagi kepala daerah yang diusung PDIP," ujar Mindo.

Oleh karena itu, dia menegaskan PDIP akan mendukung upaya kedaulatan pangan dengan melaksanakan training center untuk pertanian terpadu.

Baca juga: Hasto mewanti-wanti pihak yang ingin ambil alih PDIP
Baca juga: Hasto bantah isu PDIP sulit cari parpol kerja sama di Pilkada 2024

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024