Balikpapan (ANTARA) -
Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Kalimantan Timur menggiatkan pengamanan di wilayah perairan Teluk Balikpapan menjelang pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kami siaga dan tingkatkan patroli di perairan Teluk Balikpapan rutin setiap hari hingga acara kenegaraan di IKN," kata Kasubdit Patroli Ditpolaorud Polda Kaltim Komisaris Polisi Syarifur Rahman di Balikpapan, Kamis.

Selama empat jam dalam satu hari, personel Polairud Polda Kaltim melakukan patroli di wilayah perairan Teluk Balikpapan yang menghubungkan Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan IKN. Kegiatan patroli itu untuk menjaga jalur perairan tersebut tetap kondusif.

"Selama patroli, situasi Teluk Balikpapan terpantau cukup kondusif, terlihat para nelayan yang melintas di jalur perairan itu melakukan aktivitas seperti biasanya," katanya.

Baca juga: Polda Kaltim siapkan pengawalan tamu negara Upacara Kemerdekaan di IKN

Personel Polairud Polda Kaltim memulai patroli dari Dermaga Polairud yang berada di kawasan Somber, Kota Balikpapan, menyusuri perairan Teluk Balikpapan hingga Pulau Balang, tepatnya di bawah Jembatan Pulau Balang, perbatasan Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan IKN.

"Penjagaan di bawah Jembatan Pulau Balang dilakukan agar tidak ada kendala ketika tamu (undangan) upacara kemerdekaan melewati jembatan itu menuju IKN," ujarnya.

Baca juga: Polri lakukan persiapan pengamanan jelang HUT RI di IKN

Antisipasi juga dilakukan terhadap nelayan yang bisa saja menghambat jalur para tamu acara kenegaraan menuju IKN melalui jalur perairan Teluk Balikpapan.

Ia menambahkan sebanyak lima kapal patroli dikerahkan dalam penjagaan tersebut, yakni dua kapal pemburu cepat, dua kapal taktis (sea rider), dan satu kapal pendukung (ship tender), dengan 20 personel yang bertugas.

Kapal pemburu cepat memiliki kecepatan tinggi dari 20 hingga mencapai 40 knot sehingga dari Dermaga Polairud menuju Pulau Balang hanya ditempuh sekitar30 menit.

Syarifur mengatakan patroli pengamanan HUT Ke-79 RI dimulai sejak 10 sampai 19 Agustus 2024 dan hingga kini situasi wilayah perairan Teluk Balikpapan dalam keadaan terkendali dan aman.

"Ditpolairud Polda Kaltim juga melakukan kegiatan patroli pengamanan di wilayah perairan Kota Balikpapan dan IKN setiap ada kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke IKN," katanya.

Baca juga: Kodam VI/Mulawarman perketat pengamanan HUT Ke-79 RI di IKN
Baca juga: Tim penjinak bom disiagakan amankan VVIP pada HUT Kemerdekaan di IKN

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024