Jakarta (ANTARA) - Minum air putih secara umum telah dianggap berperan penting bagi tubuh untuk bisa menjalankan berbagai fungsi organ tubuh.

Minum air putih berperan untuk meningkatkan produksi air liur, yang mengandung air, elektrolit, lendir, dan enzim. Air liur berfungsi untuk memecah makanan padat dan menjaga kesehatan mulut. 

Air putih juga berperan penting untuk menjaga suhu tubuh. Tubuh kehilangan air melalui keringat, yang membantu mendinginkan tubuh, selama aktivitas fisik dan di lingkungan yang panas.

Keringat membantu mendinginkan tubuh, tetapi, suhu tubuh akan meningkat jika cairan yang hilang tidak diganti. Dehidrasi dapat menyebabkan hilangnya elektrolit dan plasma, sehingga penting untuk minum banyak air saat berkeringat.

Minum air putih juga membantu melumasi dan melindungi sendi, sumsum tulang belakang, dan jaringan. Keberadaan air dalam tubuh membuat aktivitas fisik yang lebih nyaman dan mengurangi ketidaknyamanan akibat kondisi radang sendi.

Air turut berperan dalam proses pembuangan limbah melalui keringat, air seni dan feses. Ginjal menyaring limbah melalui buang air kecil, dan asupan air yang cukup membantu ginjal bekerja lebih efisien dan mencegah batu ginjal.

Minum air putih selama aktivitas fisik sangat penting, terutama bagi atlet yang dapat kehilangan hingga 6 sampai 10 persen berat badan melalui keringat. Hidrasi memengaruhi kekuatan, daya tahan, dan performa fisik. 

Melihat betapa penting peran air bagi tubuh, sebaiknya seseorang memenuhi asupan cairan tubuh sesuai kebutuhan harian.

Penerjemah: Abdu Faisal
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024