Jakarta (ANTARA) - Platform media sosial X pada Kamis mengumumkan bahwa fitur login Passkey telah tersedia untuk aplikasinya di Android.

"Kami mulai meluncurkan Passkey sebagai opsi login di Android!" demikian keterangan yang diunggah akun @Safety di platform X pada Kamis.

Fitur Passkey diperkenalkan X untuk pengguna iOS di Amerika Serikat pada Januari dan ketersediaannya diperluas ke seluruh dunia pada April.

Passkey merupakan metode login baru yang disebut lebih aman dibandingkan password tradisional. Teknologi ini telah diadopsi oleh aplikasi seperti PayPal, TikTok, dan WhatsApp.

Baca juga: X tambahkan dukungan untuk passkey di iOS
​​​​​​​

Baca juga: Presiden Venezuela blokir akses ke X selama 10 hari


Diinisiasi oleh Google, Apple, Microsoft, dan FIDO Alliance bersama dengan World Wide Web Consortium, teknologi Passkey dimaksudkan untuk membuat login tanpa password tersedia di berbagai perangkat, sistem operasi, dan peramban web.

Berbeda dengan login yang hanya mengandalkan kombinasi nama pengguna dan password, Passkey menggunakan otentikasi biometrik seperti Face ID atau Touch ID, PIN, atau kunci otentikasi keamanan fisik untuk memvalidasi percobaan login.

Proses ini menggabungkan manfaat dari otentikasi dua faktor (2FA) menjadi satu langkah untuk membuat proses login lebih lancar sekaligus lebih aman.

Pengguna X tetap diwajibkan membuat password untuk membuat akun. Ketika sudah membuat akun dan membuka aplikasi, pengguna platform bisa mengaktifkan fitur Passkey dengan membuka tab Security lalu memilih "Additional password protection".

Baca juga: Samsung bawa fitur Circle to Search ke seri Galaxy A dan Tab S9 FE

Baca juga: TikTok hadirkan fitur obrolan grup yang dapat menampung 32 pengguna
 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024