Pengerjaan tinggal penyempurnaan dan finishing. Kami optimistis pengerjaan ini dapat selesai tepat waktu dan rencana peresmian di akhir 2024,
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalimantan Selatan (PUPR Kalsel) Ahmad Solhan memastikan pembangunan Tugu Nol Kilometer di Banjarmasin selesai sesuai target atau tepat waktu.


Saat ini, ucapnya, progres pembangunan Tugu Nol Kilometer di Banjarmasin sudah mencapai 89 persen dan ikon Kalsel tersebut dipastikan selesai tepat waktu sesuai kontrak kerja pada Desember 2024.

"Semoga pembangunan ikon Kalsel ini selesai tepat waktu dan masyarakat dapat segera menikmatinya,” kata Solhan di Banjarmasin, Kamis.

Dia mengatakan setelah pihaknya meninjau ke lapangan ternyata pengerjaan sudah masuk tahap akhir bahkan lift sudah terpasang.

“Pengerjaan tinggal penyempurnaan dan finishing. Kami optimistis pengerjaan ini dapat selesai tepat waktu dan rencana peresmian di akhir 2024,” ujarnya.

Menurutnya, tinggi bangunan Tugu Nol Kilometer mencapai 99 meter. Namun yang bisa dinaiki pengunjung nantinya hanya di ketinggian 66 meter.

Selain itu juga nantinya di kawasan Tugu Nol Kilometer itu disediakan stan untuk para UMKM dan plaza, baik di dalam maupun di sekitaran tugu.

“Stan UMKM tidak hanya di sekitaran tugu, tapi juga di dalam tugu hingga lantai empat, agar nantinya para pelaku UMKM ini bisa berdagang untuk memperkenalkan produk olahannya," tuturnya.

Dia berharap, keberadaan Tugu Nol Kilometer menjadi kebanggaan masyarakat dan ikon baru Kalsel, khususnya bagi Kota Banjarmasin.

“Diharapkan tugu ikon Kalsel ini menjadi ikon baru khususnya Kota Banjarmasin sekaligus menjadi objek wisata,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Kalsel membangun Tugu Nol Kilometer yang memuat makna Asmaul Husna berlantai 99 itu, dengan nilai APBD sebesar Rp120 miliar, ditargetkan rampung pada akhir 2024 dan menjadi ikon wisata yang bisa dinikmati masyarakat di Kalimantan Selatan.

Peninjauan pembangunan Tugu Nol Kilometer itu turut dihadiri Sekretaris Dinas PUPR Kalsel Andri Fadli, Kepala Bidang Cipta Karya Yulianti Erlinah, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Arinda Kartika Sari dan seluruh pegawai lingkup PUPR.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024