Kami optimistis RBB Batch VI ini akan mampu memberi dampak luar biasa bagi masyarakat dan DSP Likupang
Manado (ANTARA) - Relawan Bakti BUMN (RBB) Batch VI akan mampu mempercepat pertumbuhan Daerah Super Prioritas (DSP) Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


"BUMN Bakti Batch VI tahun 2024 ini berada di 10 lokasi berbeda di Indonesia, dan salah satu yang terpilih yakni Likupang," kata Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kementerian BUMN Carlo Brix Tewu, saat membuka secara resmi RBB Batch VI, di Pantai Paal, Likupang, Sulut, Kamis.

Dia mengatakan kegiatan ini sangat penting dilakukan, sehingga bisa mengangkat semua keunggulan daerah lebih khusus 10 lokasi RBB Batch VI tahun ini.

"Kami optimistis RBB Batch VI ini akan mampu memberi dampak luar biasa bagi masyarakat dan DSP Likupang," katanya.

RBB Batch VI di Likupang akan berlangsung selama tiga hari 15-17 Agustus 2024, dengan 10 relawan muda BUMN.

Direktur Manajemen Risiko PTPN M Arifin Firdaus mengatakan, RBB Batch VI kegiatannya fokus pada tiga area yaitu pengembangan UMKM, lingkungan, dan pendidikan.

Ia mengatakan, tiga bidang itu sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir agar tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) BUMN bisa lebih berdampak kepada masyarakat.

Selain itu, katanya, supaya lebih berdampak, pemetaan dari permasalahan yang ada dan potensi yang ada sangat penting untuk direncanakan agar program yang dilaksanakan betul-betul tepat sasaran dan kuat.

Kemudian, katanya, di bidang lingkungan terkait dengan hidup rukun, gotong-royong untuk mengikuti dan bersama-sama masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti untuk program kebersihan lingkungan.

Ia berharap kegiatan tersebut bisa menjadi bukti nyata kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat.

Direktur Muda BUMN PT Pelindo Jasa Maritim Yossianis Marciano mengatakan, pihaknya berharap relawan yang ada di Likupang akan mampu memberi dampak positif bagi masyarakat di Sulut.

Ia mengatakan semoga dengan kegiatan itu akan meningkatkan kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara ke lokasi DSP Likupang.

RBB Batch VI tahun 2024 ini dilaksanakan di 10 daerah di Indonesia yakni Halmahera, Likupang, Lembata, Pasuruan, Kembrana, Solo, Subang, Bangka, Nias, Banda Niera.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024