Samarinda (ANTARA) - Trafik data telekomunikasi dari Telkomsel di Ibu Kota Nusantara (IKN) mengalami lonjakan cukup tinggi hingga mencapai 650 persen dengan total "payload" per harinya saat ini rata-rata sebesar 37,4 terabyte, dampak masifnya aktivitas di kawasan IKN.


"Peningkatan trafik ini dipicu oleh semakin tingginya aktivitas digital dari para pekerja, masyarakat, dan pengunjung maupun yang terlibat langsung kegiatan di IKN," ujar Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna di Samarinda, Kamis.

Kelancaran trafik di kawasan itu berkat dukungan infrastruktur jaringan yang luas dan andal, termasuk inovasi berkelanjutan di IKN, sehingga hal ini mempertegas langkah strategis pihaknya dalam mendukung pemerintah mewujudkan IIKN sebagai pusat pemerintahan baru yang memiliki kapabilitas "smart city" berbasis teknologi.

Sejak awal 2023, pihaknya aktif dalam pembangunan dan pengembangan konektivitas broadband terdepan di IKN, bahkan hingga saat ini telah menghadirkan 55 Base Transceiver Station (BTS) berteknologi terkini 5G dan 4G di berbagai lokasi strategis di IKN.

Ia juga telah memastikan konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan menambah dan optimalisasi jaringan di dua ruas tol yang menghubungkan IKN, yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Tol Baru IKN.

"Kami konsisten mengambil peran terdepan dalam mendukung program pemerintah, salah satunya adalah demi kelancaran dan kenyamanan jaringan telekomunikasi IKN, mulai Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) hingga di kawasan pendukung," ujarnya.

Hal ini juga untuk mendukung memperlancar jaringan dalam menyukseskan pelaksanaan HUT ke-79 RI bertema "Nusantara Baru Indonesia Maju" yang segera berlangsung pada 17 Agustus di IKN.

Ia telah memastikan konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan mengoptimalkan jaringan di dua kota penyangga IKN, yakni Balikpapan dan Samarinda.

Dukungan juga mencakup 10 area khusus seperti bandara, pusat perbelanjaan, penginapan, dan jalan utama yang menghubungkan kedua kota dengan IKN.

"Kami berkomitmen memberikan kenyamanan akses komunikasi di IKN melalui optimalisasi jaringan broadband terdepan, untuk mendukung transformasi digital di berbagai sektor, termasuk mewujudkan visi IKN menjadi kota berkelanjutan di dunia yang memiliki kapabilitas smart city," kata Indra.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024