Jakarta (ANTARA) - Dua pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan Alex Rins mengaku siap untuk bangkit lebih kuat pada Grand Prix Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, akhir pekan ini.

Dengan 10 GP selama 14 minggu ke depan, Quartararo sedang mempersiapkan diri untuk menempuh lebih banyak kilometer lagi. Ia tiba di Austria di posisi ke-14 dalam klasemen sementara.

Meskipun sirkuit Spielberg tidak dianggap sebagai “trek Yamaha”, pembalap Prancis itu mencetak beberapa podium kelas utama di sana. Ia mengamankan posisi ketiga di Austria dengan YZR-M1-nya pada tahun 2019, mengulangi prestasi itu di GP Styrian 2021, dan meraih posisi kedua di Spielberg pada tahun 2022.

“Kami akan melakukan apa yang selalu kami lakukan tahun ini. Kami akan mencoba beberapa hal baru, mengumpulkan data, dan memberikan 100 persen kemampuan kami di Spielberg dalam Sprint dan balapan utama,” kata Fabio, dikutip dari keterangan resmi Yamaha, Kamis.

Terpaksa mengundurkan diri dari GP Inggris dua minggu lalu karena efek samping cedera yang dideritanya selama GP Belanda, Rins mengatakan telah pulih dan berlatih selama dua minggu terakhir.

Ia mengaku sangat ingin kembali ke lintasan pada akhir pekan ini.

“Saya sangat kecewa karena tidak bisa membalap di Silverstone, tetapi saya menggunakannya untuk memotivasi saya lebih lagi agar kembali lebih kuat untuk Spielberg,” ungkap Rins.

“Saya telah berlatih di atas dan di luar motor, dan saya tetap berhubungan dengan para ahli medis selama proses berlangsung. Saya merasa baik-baik saja, jadi saya senang bisa kembali mengendarai M1 saya lagi,” ujarnya menambahkan.

Direktur Tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli mengatakan, pihaknya juga bersemangat untuk mulai berjuang lagi di Austria, pada akhir pekan ini karena susunan pembalapnya kembali lengkap.

“Namun, lintasan ini memiliki tata letak yang agak unik, dengan karakteristik yang berhenti-mulai dan hanya sebelas tikungan, sehingga menjadikannya sirkuit yang menarik untuk mengumpulkan data,” kata dia.

Sementara itu, hari pertama rangkaian MotoGP Austria akan bergulir pada Jumat (16/8) dengan sesi latihan pada pukul 15.45 WIB dan 20.00 WIB.

Selanjutnya pada Sabtu (17/8), ada sesi latihan bebas kedua pada pukul 15.10 WIB, kualifikasi pada 15.50 WIB, dan Sprint pada pukul 20.00 WIB.

Lebih lanjut, balapan utama akan digelar pada Minggu (18/8) pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Statistik MotoGP Austria di Spielberg

Baca juga: MotoGP kenalkan "Racing for the Future" di GP Austria


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024