Jakarta (ANTARA) - Menggunakan proxy dapat meningkatkan privasi online, membantu mengakses konten yang dibatasi, dan mempercepat browsing. Namun, tidak semua proxy sama.

Layanan proxy ini memiliki opsi yang berbayar dan gratis, di mana layanan berbayar sering menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, keamanan tambahan, dan dukungan teknis yang lebih baik dibandingkan dengan layanan gratis.

Sementara itu, proxy gratis mungkin lebih terbatas dalam hal performa dan fitur, serta dapat menghadapi risiko terkait privasi dan keamanan.

Meskipun memiliki risiko, proxy gratis sering menjadi pilihan bagi banyak pengguna, maka sangat penting untuk memilih proxy yang tepat agar tetap aman dan efektif.

Mencari proxy gratis yang berkualitas bisa menjadi tantangan, terutama dengan banyaknya pilihan yang tersedia di internet. Proxy dapat meningkatkan privasi online, memungkinkan akses ke konten yang dibatasi, dan membantu Anda menjaga anonimitas saat menjelajahi berbagai website.

Artikel ini membahas cara mencari dan menyiapkan alamat server proxy gratis, untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan layanan yang aman dan efektif tanpa mengorbankan kualitas atau keamanan.

Baca juga: Apa itu proxy? Dari definisi, jenis, hingga manfaatnya

Cara temukan dan gunakan server proxy gratis

1. Pahami Jenis-jenis Proxy

Sebelum mencari proxy gratis, penting untuk memahami berbagai jenis proxy yang tersedia:

  • HTTP Proxy: Mengarahkan lalu lintas web melalui server proxy, ideal untuk browsing situs web.
  • HTTPS Proxy: Sama dengan HTTP Proxy tetapi mengenkripsi data untuk meningkatkan keamanan.
  • SOCKS Proxy: Lebih fleksibel dan dapat menangani berbagai jenis lalu lintas.

2. Cari sumber terpercaya
 

Untuk menemukan proxy gratis, kunjungi situs web yang menyediakan daftar proxy gratis. Beberapa situs web terpercaya dan memiliki ulasan bagus, sering diperbarui, dan kecepatan memadai, seperti:

  • CroxyProxy: Layanan web proxy ini dapat diakses secara gratis dan tercepat. Dengan menawarkan beberapa fitur terbaik dalam penggunanya melalui website resmi ataupun memasang eksitensi Google Chrome.
  • CyberGhost: Penggunaan layanan CyberGhost ini dapat diakses secara gratis dan tercepat. Proxy ini dapat peningkatan keamanan yang sangat tinggi, memiliki pilihan protokol serta enskripsi terbaik dan baik dalam menggunakan streaming diberbagai macam platform.
  • Proxy Nova: Salah satu layanan web proxy aktif di Indonesia dengan menggunakan perangkat lunak yang canggih. Dalam penggunaannya Proxy Nova ini menyediakan fitur pada pemeriksaan pelanggaran data. Dan menyembunyikan alamat IP asli Anda sekaligus dapat menyamarkan lokasi geografis Anda.
Baca juga: Cara pakai dan atur web proxy untuk menjaga privasi

3. Uji konektivitas
 

Setelah menemukan daftar proxy, periksa keandalan nya dengan melakukan hal berikut:

  • Uji Koneksi: Gunakan situs seperti (https://www.whatismyipaddress.com/) untuk memeriksa apakah proxy yang Anda pilih berfungsi dengan benar
  • Kecepatan Koneksi: Beberapa proxy mungkin memperlambat koneksi Anda. Periksa kecepatan proxy menggunakan alat seperti melalui situs (https://www.speedtest.net/))

4. Konfigurasikan pengaturan proxy dari perangkat Anda atau browser

  • Windows: Buka “Setting” melalui windows pilih “Network & Internet” => ”Proxy” Anda konfigurasi Proxy, dengan nyalakan “Use a proxy server”. Di kotak Address dan Port, masukkan alamat yang diberikan oleh layanan web proxy alamat IP dan port di kotak masing-masing, kemudian “Save
  • Chrome: Pilih menu titik tiga di sudut kanan atas dan pilih "Settings", Selanjutnya Anda ketik ”Proxy” di kolom pencarian, untuk menemukan opsi "Open proxy settings" (Buka setelan pengaturan proxy). Kemudian Anda konfigurasi Proxy, dengan nyalakan “Use a proxy server” dan isi kotak Address dan Port, masukkan alamat yang diberikan oleh layanan web proxy alamat IP dan port di kotak masing-masing.
  • Mozilla: Pilih menu titik tiga di sudut kanan atas halaman, lalu ketik “proxy” untuk mencari pengaturan melalui kolom pencarian. Klik ”Settings” pada hasil yang ditampilkan, lalu atur proxy sesuai kebutuhan.

5. Gunakan proxy gratis

Setelah selesai konfigurasi atau mengatur proxy pada perangkat, selanjutnya buka browser web atau aplikasi yang mendukung penggunaan proxy, seperti Chrome atau Firefox.

Kemudian Ketik URL situs web yang ingin Anda kunjungi seperti biasa. Permintaan akses akan diteruskan melalui server proxy, yang akan menyembunyikan alamat IP asli Anda.

Baca juga: Apa itu CroxyProxy? Berikut pengertian dan manfaatnya

Baca juga: Daftar situs proxy gratis untuk akses konten terbatas


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024