Jakarta (ANTARA) - TikTok telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat di Indonesia. Menurut DataBoks Indonesia, Indonesia saat ini menduduki peringkat kedua di dunia dengan jumlah pengguna TikTok terbanyak. Fitur seperti For You Page (FYP) berperan penting dalam menarik dan mempertahankan pengguna.

For You Page atau FYP TikTok adalah halaman pertama yang dibuka oleh pengguna ketika mereka membuka aplikasi TikTok. TikTok menggunakan ruang ini untuk mengkurasi konten berdasarkan aktivitas seseorang di platform.

TikTok menggunakan algoritma yang menelusuri akun dan tagar yang diikuti orang, jenis unggahan yang mereka sukai, serta pengaturan bahasa dan lokasi untuk membuat umpan FYP yang sepenuhnya disesuaikan dan dikurasi untuk setiap orang yang masuk ke halaman tersebut.

Apa saja manfaat FYP?
  • Membantu pengguna menemukan konten baru
Salah satu manfaat utama dari FYP adalah membantu pengguna menemukan konten baru dan menarik yang mungkin tidak akan mereka temukan sebelumnya.
  • Membantu kreator memperluas jangkauan mereka
Manfaat lain dari FYP adalah membantu pembuat konten di Tiktok menjangkau audiens yang lebih luas.
  • Membantu pengiklan mempromosikan produk dan layanan mereka
FYP juga bermanfaat bagi pemasar dan pengiklan karena memberikan mereka cara yang mudah untuk menjangkau audiens yang besar dan aktif di TikTok.


Bagaimana cara agar FYP?

1. Kenali target audiens

Langkah pertama untuk meningkatkan peluang Anda masuk FYP adalah dengan memahami siapa yang ingin Anda jangkau. Dengan mengetahui audiens Anda, Anda bisa membuat konten yang tepat sasaran, menghibur, menarik, dan informatif bagi mereka.

2. Manfaatkan audio yang sedang tren

Menggunakan audio populer dapat membantu video Anda ikut dalam tren yang sedang berlangsung. Selalu ikuti lagu-lagu yang sedang viral dan gunakan itu untuk konten-konten Anda.

3. Berinteraksi dengan akun lain

Membangun hubungan dengan kreator lain adalah cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas Anda. Tiktok juga memiliki fitur stitch yang bisa membuat Anda dengan mudah terhubung dengan kreator lain.

4. Rutin membuat konten

Tetapkan jadwal khusus untuk memposting konten di TikTok. Konsistensi dalam mengunggah video sangat penting untuk menjaga interaksi dengan pengikut Anda dan meningkatkan peluang untuk muncul di FYP.


Baca juga: Twitter For You mulai tersedia versi "desktop"

Baca juga: TikTok perbarui rekomendasi konten di FYP

Baca juga: Kisah para kreator konten kenalkan budaya Indonesia di platform TikTok

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024