Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada hari Rabu (14/8), mulai dari dakwaan Harvey Moeis dalam kasus dugaan korupsi PT Timah Tbk. hingga polisi ungkap motif KDRT Armor Toreador terhadap istrinya, selebgram Cut Intan Nabila.

Berikut sejumlah berita kemarin untuk kembali Anda simak.

1. Harvey Moeis didakwa rugikan negara Rp300 triliun terkait kasus timah

Terdakwa Harvey Moeis yang merupakan perpanjangan tangan dari PT Refined Bangka Tin didakwa merugikan keuangan negara senilai Rp300 triliun terkait dengan kasus korupsi dalam pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah izin usaha pertambangan PT Timah Tbk pada tahun 2015–2022.

"Terdakwa telah melakukan atau turut serta melakukan perbuatan secara melawan hukum yang merugikan keuangan negara," kata jaksa penuntut umum (JPU) Ardito Muwardi dalam sidang pembacaan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (14/8).

Baca selengkapnya di sini.

2. Kejagung buka peluang Sandra Dewi bersaksi di sidang Harvey Moeis

Kejaksaan Agung(Kejagung) membuka peluang Sandra Dewi memberikan kesaksian di persidangan suaminya, Harvey Moeis, yang menjadi terdakwa perkara kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan tata niaga komoditas timah.

“Tentu, di persidangan semua saksi, ahli, termasuk terdakwa, akan didengar keterangannya,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Harli Siregar ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (14/8).

Baca selengkapnya di sini.

3. Satgas Damai Cartenz ungkap identitas lima KKB pembunuh pilot asing

Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz mengungkapkan identitas lima orang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menjadi pelaku pembunuhan pilot asing asal Selandia Baru Glen Malcolm Conning di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah (5/8).

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol. Faizal Ramadhani dalam siaran pers di Jayapura, Rabu (14/8), mengatakan kelima orang tersebut bermarkas di Yuguru Kabupaten Nduga.

"Lima pelaku tersebut yakni, Perintakola Lokbere alias Malas Gwijangge (20), Jeri Wandikbo (50), Irisim Gwijangge (20), Jaka Gwijangge (15), dan Analuk Amisim (36) yang masing-masing beralamat di Kampung Geselma Kabupaten Nduga," katanya.

Baca selengkapnya di sini.

4. Polri kerahkan 4.520 personel untuk amankan kunjungan Paus Fransiskus

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan sebanyak 4.520 personel dalam Operasi Tribata Jaya untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3–6 September 2024.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (14/8), mengatakan ribuan personel tersebut terdiri atas 1.077 personel Mabes Polri dan 3.443 personel Polda Metro Jaya.

Baca selengkapnya di sini.

5. Polisi ungkap motif KDRT suami kepada selebgram Intan Nabila

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengungkap motif kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan tersangka Armor Toreador Gustifante terhadap istrinya, Cut Intan Nabila, yang merupakan selebgram.

"Motifnya saya sampaikan hasil pemeriksaan dari tersangka, bahwa tersangka ketahuan nonton yang porno. Kami masih terus menggali kebenarannya," ungkapnya saat konferensi pers di Mapolres Bogor, Cibinong, Rabu (14/8).

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024