Jakarta (ANTARA) - Web proxy merupakan layanan atau server yang bertindak sebagai perantara antara pengguna dan internet. Proxy digunakan untuk menerima permintaan dari pengguna yang mengakses situs web, kemudian meneruskannya ke server tujuan dengan menggunakan alamat IP proxy, lalu mengirimkan kembali respons dari server tersebut kepada pengguna.

Dengan kata lain, web proxy memungkinkan pengguna untuk mengakses konten internet tanpa langsung terhubung ke sumber aslinya untuk meningkatkan privasi dan keamanan.

Selain itu menggunakan web proxy, pengguna dapat mengatasi pembatasan situs berdasarkan wilayah dan menjelajahi internet dengan lebih aman tanpa khawatir tentang pelacakan atau penyensoran konten.

Bagi Anda yang ingin privasinya terjaga atau ingin mengakses konten yang dibatasi, web proxy merupakan solusi yang efektif dan mudah digunakan.

Berikut cara menggunakan web proxy relatif sederhana dan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

Cara mengatur dan menggunakan web proxy

1. Pilih layanan web proxy, sesuai dengan kebutuhan Anda, terdapat banyak layanan yang tersedia secara gratis maupun berbayar, seperti HideMyAss, ProxySite,

2. Periksa fitur dan ketersediaan, pastikan web proxy yang dipilih mendukung situs yang dibutuhkan, seperti HTTP, HTTPS, atau SOCKS, serta memiliki lokasi server yang relevan, dan menawarkan tingkat privasi serta keamanan yang memadai.

3. Selanjutnya konfigurasi pengaturan proxy pada browser atau perangkat

4. Apabila menggunakan Google Chrome melalui Dekstop, pergi ke menu titik tiga di sudut kanan atas dan pilih "Settings" (Pengaturan).

5. Selanjutnya Anda ketik ”Proxy” di kolom pencarian, untuk menemukan opsi "Open proxy settings" (Buka setelan pengaturan proxy).

6. Kemudian Anda konfigurasi Proxy, dengan nyalakan “Use a proxy server. Di bawah “Manual proxy setup

7. Di kotak Address dan Port, masukkan alamat yang diberikan oleh layanan web proxy alamat IP dan port di kotak masing-masing.

8. Pilih atau kosongkan kolom ”Don’t use the proxy server for local (intranet) addresses”. Disarankan untuk memilih checkbox kecuali jika memerlukan proxy server untuk alamat intranet. Selanjutnya pilih “Save

9. Mulai menggunakan web proxy, buka browser web atau aplikasi yang mendukung penggunaan proxy, seperti Chrome atau Firefox.

10. Ketik URL situs web yang ingin Anda kunjungi seperti biasa. Permintaan akses akan diteruskan melalui server proxy, yang akan menyembunyikan alamat IP asli Anda.

Baca juga: Apa itu proxy? Dari definisi, jenis, hingga manfaatnya

Baca juga: PT Timah-Densus 88 waspadai ancaman "Proxy War" teroris di penambangan

Baca juga: WhatsApp buka akses ke proxy hingga Honda rancang EV hidrogen di 2024

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024