Kami sudah memonitoring dan penjadwalan lebih awal pengiriman BBM di SPBU di Labuan Bajo.
Kupang (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Jawa Timur Bali Nusa Tenggara (Jatimbalinus) melakukan penjadwalan lebih awal pengiriman bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah SPBU di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk mengantisipasi kelangkaan BBM di daerah wisata ini.

“Kami sudah memonitoring dan penjadwalan lebih awal pengiriman BBM di SPBU di Labuan Bajo,” kata Area Manager Comm, Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi di Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam.

Hal itu disampaikannya menanggapi pemberitaan soal adanya dugaan kelangkaan BBM di Labuan Bajo yang berujung pada antrean kendaraan yang mengular untuk mendapatkan BBM.

Ahad mengatakan bahwa selain memonitoring dan penjadwalan lebih awal pengiriman BBM, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polres Manggarai Barat untuk penertiban antrean di SPBU bersama dengan pengawas SPBU untuk mengatur antrean.

“Di antaranya dengan cara memprioritaskan pengisian ke konsumen kendaraan dan meminimalisir pengisian ke konsumen non kendaraan,” ujar dia pula.

Selain itu juga, ujar dia, Pertamina telah mengaktifkan skema alternatif jalur suplai dari terminal BBM (TBBM) Bima di NTB.

Di samping itu, juga mengirimkan armada mobil tangki perbantuan dari TBBM Ende dan TBBM Maumere untuk percepatan pengiriman BBM dari dan menuju SPBU .

Saat ini, ujar dia lagi, terdapat sekitar 6-7 mobil tangki per hari yang mendistribusikan BBM ke Labuan Bajo dan akan diupayakan penambahan kembali armada mobil tangki untuk pengiriman-pengiriman berikutnya selama proyek perbaikan jalan masih berlangsung.

Dia mengatakan bahwa antrean kendaraan yang terjadi di sejumlah SPBU Itu, juga disebabkan adanya kendala jalur distribusi BBM akibat perbaikan jalan di jalur lintas Ruteng-Labuan Bajo.

Pada perbaikan Jalan Lintas Flores di daerah Cireng tersebut diberlakukan mekanisme buka tutup jalan per 2-3 jam dan kondisi jalan yang menjadi licin setelah hujan lebat, sehingga mengakibatkan beberapa mobil tangki bermuatan maupun kosong mengalami keterlambatan ke SPBU maupun kembali ke Depot.

Antrean di SPBU tersebut, juga dikarenakan adanya peningkatan konsumsi untuk BBM subsidi maupun nonsubsidi imbas dari tingkat kunjungan wisata yang cukup tinggi saat ini yang diprediksi terjadi sampai dengan bulan September ke depan baik untuk kendaraan maupun kapal wisata.

Pertamina, kata dia lagi, menjamin ketersediaan stok BBM aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat serta mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, tidak melakukan panic buying dan membeli BBM sesuai kebutuhan.
Baca juga: Pertamina Jatimbalinus selidiki kendaraan pribadi bawa BBM bersubsidi
Baca juga: Pertamina catat konsumsi pertamax melonjak 26,3 persen di Jatimbalinus

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024