Edutrain yang dilakukan secara masif tersebut dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap kereta api dan turut serta melestarikannya,.
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta memberikan edukasi terkait keselamatan perjalanan kereta api kepada 20 anak anggota komunitas Petualang Cilik Sukabumi di Stasiun Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

“Harapannya, kegiatan Edutrain yang dilakukan secara masif tersebut dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap kereta api dan turut serta melestarikannya,” kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia menuturkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kereta api kepada anak-anak sejak dini, agar mereka tumbuh dengan kecintaan terhadap kereta api.

Anak-anak anggota komunitas Petualang Cilik Sukabumi tersebut berkesempatan untuk bermain di Stasiun Sukabumi sambil belajar mengenal lingkungan stasiun serta menaiki KA Siliwangi dari Stasiun Sukabumi ke Stasiun Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Ixfan mengatakan bahwa kegiatan edukasi yang disebut Edutrain tersebut tidak hanya diselenggarakan di berbagai stasiun, tapi juga di sekolah-sekolah yang berlokasi dekat dengan jalur kereta api untuk berbagi pengetahuan serta melakukan sosialisasi keselamatan perkeretaapian.

Kegiatan tersebut dapat diikuti oleh anak-anak dari usia 3 tahun hingga perguruan tinggi, dengan metode yang disesuaikan untuk tiap kelompok usia, seperti bermain, bernyanyi, dan pengenalan profesi di PT KAI (Persero), khususnya profesi awak sarana kereta api.

Sejak awal tahun hingga sekarang, kegiatan Edutrain telah dilaksanakan sebanyak 20 kali, dengan 13 kegiatan di stasiun dan 7 kegiatan di sekolah.

Beberapa stasiun yang menjadi lokasi kegiatan tersebut meliputi Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bogor, Sukabumi, dan Cikarang.

Sedangkan sejumlah sekolah yang telah berpartisipasi pada tahun ini, antara lain SD STIE Tawan Siswa Kemayoran, Yayasan Madrasah Pendidikan Jama'atul Islamiyah Tanah Tinggi, SDN Cicayur 1 Desa Cisauk, SDN Citatah Jaya Cibinong, SMK IT Dwiguna Depok, dan SD Muhammadiyah 17 Kampung Bahari Tanjung Priok.

Selain sekolah-sekolah tersebut, komunitas Karang Taruna Cinangoh Karawang turut mengikuti kegiatan Edutrain tahun ini.

Ixfan mengatakan bahwa masih banyak sekolah yang akan dikunjungi untuk mengadakan kegiatan Edutrain, dan beberapa di antaranya sudah mengajukan permohonan kunjungan ke stasiun untuk dua bulan ke depan.
Baca juga: Para "Superhero" ikut edukasi anak di Stasiun KAI
Baca juga: LRT Jabodebek kenalkan transportasi massal kepada anak lewat Edutrain


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024