Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Jembrana Bali dan Banyuwangi Jawa Timur, Rabu malam.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Rabu, disebutkan pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 15 kilometer, atau berjarak 156 kilometer dari arah barat daya Jembrana, Bali.

Selain Jembrana, getaran gempa juga dirasakan pada pukul 21.14 WIB di Badung, Tabanan, Denpasar dengan skala intensitas II-III MMI. Bahkan hingga Karangkates dan Banyuwangi di Jawa Timur dengan skala III - IV MMI.

BMKG melaporkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat diimbau waspada seraya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisis tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring imfoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Baca juga: BMKG imbau warga Bengkulu tak panik terkait potensi gempa megathrust

Baca juga: Tokyo gunakan AI untuk deteksi kebakaran dan kerusakan akibat gempa

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024