Atlet angkat besi peraih emas Olimpiade, Rizki Juniansyah telah menularkan inspirasi pada generasi muda Banten
Serang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan pihaknya mengupayakan kadeudeuh (tanda sayang) untuk atlet angkat besi peraih medali emas Olimpiade, Rizki Juniansyah pada hari ulang tahun Banten.

Al Muktabar di Serang, Rabu, mengatakan waktu untuk mempersiapkan kadedeuh tersebut terbilang singkat, sehingga kemungkinan akan diumumkan menjelang Hari Ulang Tahun Provinsi Banten pada 4 Oktober 2024.

"Nanti kita formulasikan, karena begitu singkat waktunya dan kita persiapkan. Nanti kita umumkan, atau kita kadedeuhkan pada hari ulang tahun Provinsi Banten," ujar dia.

Al Muktabar mengatakan nantinya ada pertemuan lebih lanjut dengan pihak Rizki untuk mempersiapkan kadeudeuh yang cukup baik, sebagai ganjaran atas prestasinya yang mendunia.

Namun ia belum dapat memastikan apakah itu dalam bentuk uang maupun fasilitas lainnya yang diberikan dari pemerintah Provinsi Banten.

Baca juga: Rizki Juniansyah peraih emas Olimpiade terima tawaran jadi PNS
Baca juga: Atlet angkat besi Rizki Juniansyah diarak keliling Kota Serang


Sebelumnya, Al Muktabar menyebut atlet angkat besi peraih emas Olimpiade, Rizki Juniansyah, telah menularkan inspirasi pada generasi muda Banten.

Ia mengatakan dalam upaya generasi muda Banten meraih prestasi di bidang apapun, termasuk olahraga, pihaknya memastikan negara hadir memenuhi kebutuhan tersebut.

Atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah diarak pada acara pawai sepanjang Kota Serang, Rabu, untuk merayakan keberhasilannya meraih medali emas pada Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Rizki dan rombongan melewati rute pintu tol Serang Timur-Jalan Sudirman-Jalan Ahmad Yani-Jalan Veteran-Jalan Yumaga-Jalan Palima-KP3B-RSS Pemda.

Rizki Juniansyah meraih medali emas saat tampil dalam angkat besi kelas 73kg putra Olimpiade 2024 dengan total angkatan seberat 354 kg, masing-masing 155 kg angkatan snatch dan 199 kg clean & jerk, Kamis (8/8) waktu Paris.

Rekor tersebut menghempas lawan berat Rizki dari China, peraih dua kali medali emas Olimpiade Shi Zhiyong, yang justru gagal di tiga angkatan clean and jerk.


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024