Terima kasih pada Presiden atas pemberian penghargaan ini
Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana yang dia terima di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

"Terima kasih pada Presiden atas pemberian penghargaan ini," kata Menteri yang akrab disapa Gus Halim itu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Ia menerima tanda kehormatan tersebut atas pengabdian selama masa kerja dalam pemerintahan Presiden Jokowi pada Kabinet Indonesia Maju 2019–2024. Selama menjabat sebagai Mendes PDTT, Kemendes PDTT meraih sejumlah penghargaan.

​​​​​​​Di antaranya adalah Penilaian Keterbukaan Informasi Publik, Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Penerapan Sistem Merit, Pengelolaan Aset Kementerian, Pelaksanaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik, Pengelolaan Arsip, dan Penilaian Utilitas Barang Milik Negara (BMN).

Baca juga: Presiden beri penghargaan 64 tokoh, mulai Surya Paloh, Prabowo Subianto, hingga Erick Thohir

Pada tahun 2024 ini, prestasi dan penghargaan yang diperoleh oleh Kemendes PDTT, yaitu predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) delapan kali berturut-turut dan penghargaan hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal Tahun 2023 dengan Predikat Sangat Memuaskan (AA) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), serta Penghargaan atas keberhasilan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) dengan predikat Level 3 Proaktif.

Penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana merupakan tanda kehormatan tertinggi setelah tanda kehormatan Bintang Republik Indonesia.

Penghargaan itu diberikan Kepala Negara kepada seseorang yang dinilai mempunyai jasa luar biasa dalam menjaga keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penganugerahan tanda kehormatan dilakukan dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia. Diketahui, terdapat 61 orang penerima gelar tanda jasa dan kehormatan pada tahun 2024.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, selaku Ketua Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan (GTK) mengungkapkan bahwa sidang Dewan GTK telah dilaksanakan untuk menyeleksi tokoh-tokoh yang diusulkan oleh berbagai kementerian, instansi, dan lembaga.

Baca juga: Risma beri penghargaan 67 tokoh bantu tugas kemanusiaan Kemensos 
Baca juga: Khofifah terima penghargaan sebagai tokoh nasional peduli ekonomi

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024