Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) mengintensifkan persiapan personel pengamanan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang berlangsung pada 8-20 September 2024.

"Kami memastikan kesiapan personel dan perlengkapan dalam menghadapi tantangan yang mungkin timbul selama pelaksanaan ajang besar tersebut," ujar Kepala Polda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto di Medan, Rabu.

Whisnu melanjutkan persiapan tersebut mencakup berbagai aspek mulai dari pengamanan lokasi acara, pengendalian massa, hingga penanganan situasi darurat.

Karena, kesiapan menghadapi berbagai situasi darurat dapat meminimalisir risiko dan dampak negatif yang mungkin terjadi pada ajang nasional tersebut.

"Serta, personel harus ditingkatkan dalam pembinaan, pelatihan dan meningkatkan kemampuannya guna mengamankan kegiatan nasional yang akan datang tersebut," kata Whisnu.

Kapolda juga melakukan pemeriksaan perlengkapan untuk memastikan semua perangkat dalam kondisi optimal. Penekanan khusus diberikan pada aspek "power on hand" (POH) untuk memastikan bahwa semua alat dan peralatan dalam keadaan siap pakai saat dibutuhkan.

Whisnu menambahkan ajang multicabang ini diharapkan berjalan dengan aman dan tertib berkat kesiapan personel dan seluruh pemangku kepentingan dalam pengamanan yang terkait.

Sebelumnya, Polda Sumut mengintensifkan pengawasan perbatasan di wilayah hukumnya menjelang PON ini. Pihaknya terus melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) baik di perkotaan maupun daerah perbatasan wilayah hukum provinsi ini.

Termasuk, dia mengatakan, jajaran personel kepolisian resor (polres) maupun kepolisian sektor (polsek) wilayah masing-masing untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Dalam pengamanan PON nantinya, sebanyak 4.952 personel gabungan terdiri dari Polri, TNI, Basarnas, dinas perhubungan, Satpol PP dan pemadam kebakaran.

Personel gabungan tersebut akan bertugas dalam melakukan pengamanan di setiap arena pertandingan PON, objek vital dan tempat lainnya.
Baca juga: Polda Sumut siapkan pos pengamanan di setiap arena PON 2024
Baca juga: Polda Sumut kolaborasi Mabes Polri untuk sukseskan PON 2024
Baca juga: Polda Sumut gelar operasi pekat jelang PON 2024

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024