Balikpapan (ANTARA) -
Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) meningkatkan patroli di wilayah perairan Teluk Balikpapan jelang hari ulang tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim, 17 Agustus 2024.
 
"Kami terus melakukan patroli rutin di wilayah perairan Teluk Balikpapan, yang menghubungkan Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan IKN," jelas Kabag Binopsnal Ditpolairud Polda Kaltim, AKBP Bahril di Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim, Rabu.

"Patroli dilaksanakan selama empat jam dalam satu hari dan dilakukan secara bergantian," tambahnya.

Sebanyak lima kapal polisi dikerahkan dalam patroli di wilayah perairan Teluk Balikpapan jelang upacara HUT RI di IKN tersebut, antara lain dua kapal pemburu cepat (KPC).

Kemudian dua kapal jenis kapal taktis yang dirancang untuk mampu beroperasi di perairan pantai, teluk, dan perairan pedalaman sungai (sea rider).

"Kami juga kerahkan satu kapal pendukung atau ship tender," ujarnya.

Sebanyak 20 personel perairan Polda Kaltim dalam patroli teluk dan perairan, lanjut dia, satu kapal ada empat personel untuk melakukan patroli.

Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kaltim juga melakukan pemetaan kerawanan kawasan perairan jelang peringatan HUT ke-79 RI di IKN, ibu kota baru Indonesia.

Kerawanan di wilayah perairan IKN khususnya saat HUT RI, kata dia, yaitu tindak pidana berlaku universal atau umum.

Contoh antisipasi keamanan kawasan perairan, ia menimpali lagi, adalah sabotase karena berdampak negatif terhadap pernyataan HUT RI di IKN.

"Antisipasi juga dilakukan terhadap nelayan yang bisa saja menghambat jalur para tamu menuju IKN yang melalui jalur perairan," demikian Bahril.
Baca juga: Polairud Polda Kaltim turunkan empat kapal patroli jaga perairan IKN
Baca juga: IKN akan punya sistem keamanan digital berlapis

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024