Jakarta (ANTARA) - Saat menjelajahi media sosial, Anda akan sering menemukan istilah-istilah baru. Salah satu yang sedang populer adalah "POV" yang sering muncul di berbagai platform. Istilah ini bisa Anda lihat mulai dari artikel hingga media sosial, dan TikTok serta instagram menjadi salah satu tempat paling populer untuk konten POV ini.

Apa itu POV?

POV adalah singkatan dari "point of view" yang berarti sudut pandang dan biasanya digunakan untuk menunjukkan situasi dari perspektif tertentu.

Istilah ini sering digunakan dalam narasi orang pertama, yang membantu pembuat konten membenamkan penonton dalam cerita atau pengalaman tertentu.
Istilah "POV" awalnya berasal dari dunia perfilman, di mana hal ini menggambarkan sudut pandang dari mana sebuah adegan ditampilkan.

Dalam konteks film, POV memungkinkan penonton melihat dan merasakan peristiwa dari sudut pandang karakter tertentu. Kamera yang menampilkan sudut pandang karakter memungkinkan audiens untuk merasakan ketegangan, emosi, dan dinamika situasi dari perspektif yang sangat pribadi.

Dengan menggunakan POV, pembuat konten dapat menambah keterlibatan penonton di dalam cerita atau pengalaman, membuat mereka merasa seolah-olah penonton yang sedang mengalami situasi tersebut. Konten POV juga membuat penontonnya lebih terhubung dan merasakan apa yang dirasakan oleh karakter dalam cerita.

Kapan menggunakan istilah POV

Sekarang istilah ini menjadi populer di media sosial terutama di TikTok. Di TikTok, pengguna sering memakai POV untuk membuat konten yang memungkinkan para penonton merasa seolah-olah mereka benar-benar berada dalam situasi yang digambarkan.

Istilah POV bisa digunakan ketika Anda ingin membuat para penonton merasa terkait dengan pengalaman, pendapat dan pemikiran pribadi Anda. Anda juga bisa menggunakan itilah POV dalam konten humor untuk memberikan kesan bahwa Anda memiliki selera humor yang sama dengan audiens.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat konten dengan sudut pandang khusus, seperti "POV: kamu baru saja bertemu dengan idol K-pop" atau "POV: Hari pertama di sekolah baru." dan lainnya. POV bisa diterapkan dalam berbagai jenis konteks, mulai dari komedi dan tutorial tata rias hingga percintaan.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024