Saya yakin Pulau Kalimantan memiliki potensi besar untuk lebih berkembang dan lebih disegani masyarakat dunia.
Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor menyambut gembira provinsi setempat menjadi tuan rumah pelaksanaan Borneo Economic Forum yang diikuti oleh forum perekonomian dari seluruh daerah di Pulau Borneo dan negara tetangga.

Pelaksanaan Borneo Economic Forum itu di salah satu hotel, di Kota Banjarmasin, Selasa (13/8).

“Kami optimis, Kalsel sebagai gerbang Ibu Kota Nusantara memiliki peluang besar di kancah ASEAN, ini menjadi kesempatan bisa menarik investor, jika pandai memanfaatkan momentum ini maka memberikan kesempatan untuk akses kolaborasi yang lebih luas dalam membangun konsolidasi dengan negara-negara ASEAN,” ujar Gubernur Kalsel, diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Adi Santoso, di Banjarmasin, Rabu

Hal itu tentunya dengan pendampingan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan Borneo Economic Community.

Menurutnya, Pemprov Kalsel sangat menyetujui langkah-langkah strategis yang tersusun melalui forum tersebut, selama tujuannya mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Saya mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan Borneo Economic Forum ini, semoga kegiatan internasional ini melahirkan ide dan kebijakan yang menjadi daya ungkit terhadap perekonomian Kalsel,” katanya lagi.

Forum itu dilaksanakan di Kalsel, merupakan kepercayaan untuk mempersiapkan kegiatan berskala internasional, selain dihadiri delegasi dari seluruh provinsi di Kalimantan, juga dihadiri perwakilan dari negara tetangga, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Borneo Economic Community memberikan arti penting bagi kolaborasi gagasan dan langkah-langkah strategis terhadap penguatan hubungan ekonomi ASEAN, dan Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia dan menjadi teritori bagi tiga negara sekaligus.

“Saya yakin Pulau Kalimantan memiliki potensi besar untuk lebih berkembang dan lebih disegani masyarakat dunia, salah satunya melalui aspek pertumbuhan ekonomi, posisi tersebut semakin diperkuat dengan adanya pembangunan IKN di Kalimantan Timur, dan wilayah-wilayah sekitar seperti Kalimantan Selatan secara geografis menduduki peran strategis," katanya pula.
Baca juga: Pemprov Kalteng: Perputaran ekonomi capai Rp20 miliar selama FBIM 2024
Baca juga: Fungsi IKN magnet penggerak ekonomi Kalimantan dan Indonesia Timur

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024