Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengecek langsung sejumlah rumah terapung yang merupakan hibah Universitas Pertahanan untuk 200 kepala keluarga yang sebelumnya kerap terdampak banjir rob di Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu.

Dalam kunjungannya ke Kawasan Rumah Terapung Muara Angke itu, Prabowo bertemu dengan penerima rumah terapung, dan menanyakan kondisi mereka setelah tinggal di rumah tersebut.

Di dalam salah satu rumah warga yang dia cek, Prabowo melihat rumah terapung yang dihibahkan Universitas Pertahanan itu dibangun lengkap dengan sumber air bersih, kamar tidur, sumber listrik dari tenaga surya, WC, dan beberapa perabotan seperti lemari.

Sebanyak 200 rumah terapung yang saat ini menjadi tempat tinggal warga Muara Angke di RT006/007 RW 022 di Kelurahan Pluit itu merupakan bagian dari kawasan rumah terapung yang dibangun Universitas Pertahanan bersama beberapa mitra, di antaranya PT PAL, setidaknya sejak awal 2024. Kawasan itu, yang sebelumnya kerap terimbas banjir rob, juga dilengkapi dengan lapangan terapung, yang dinamakan Lapangan Bela Negara.

Lapangan itu saat ini pun dimanfaatkan warga untuk tempat bermain anak-anak, tempat berkumpul warga, dan sarana berolahraga seperti senam, futsal, voli, dan badminton.

Dalam kunjungannya ke kawasan rumah terapung hari ini, Prabowo juga sempat bermain futsal bersama anak-anak setempat. Dia kemudian membagikan tas sekolah untuk anak-anak di kompleks perumahan terapung itu.

Dia juga berpesan kepada anak-anak itu untuk belajar dengan giat. “Belajar yang baik ya,” kata Prabowo ke mereka.

“Terima kasih Pak Prabowo,” kata anak-anak itu kompak setelah menerima tas sekolah dari Menhan RI yang juga Presiden Terpilih.

Ucapan terima kasih yang sama juga disampaikan oleh warga yang menyambut kedatangan Prabowo. Beberapa dari mereka berupaya mendekat ke Prabowo dan meminta swafoto. Prabowo, yang dijaga ketat ajudan, sekretaris pribadi, dan sejumlah pengawal pribadinya, pun melayani permintaan warga untuk berfoto bersama itu.

Prabowo berkunjung ke kompleks rumah terapung di Muara Angke menggunakan perahu karet bermotor, didampingi oleh Jonny Mahroza, purnawirawan TNI yang menjabat Rektor Unhan sejak Agustus 2023 sampai Juli 2024.

Rumah terapung di Muara Angke yang merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat Universitas Pertahanan, merupakan tindak lanjut dari gagasan Prabowo yang ingin membantu masyarakat di utara Jakarta hidup layak dan mampu beradaptasi dengan daerah setempat yang kerap kena banjir rob.

Baca juga: Menhan tekankan ingin perkuat kerja sama RI-AS saat terima dubes baru
Baca juga: Menhan sebut pengiriman nakes ke El Arish dan Gaza wujud solidaritas

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024