Jakarta (ANTARA) - Keamanan dan privasi online menjadi aspek yang semakin penting di dunia digital karena meningkatnya ancaman siber dan pelanggaran data yang dapat mengakibatkan kerugian finansial, pencurian identitas, dan kerusakan reputasi pribadi.

Dengan semakin banyaknya informasi pribadi yang dibagikan secara online, menjaga keamanan dan privasi membantu melindungi data sensitif dari akses tidak sah dan potensi penyalahgunaan, serta memastikan bahwa pengalaman digital tetap aman dan terkendali.

Salah satu alat yang dapat membantu dalam hal ini adalah proxy. alat ini berfungsi sebagai perantara antara pengguna dan internet, memberikan berbagai manfaat mulai dari peningkatan privasi hingga pengelolaan situs yang diblokir.

Dengan memahami apa itu proxy dari definisi, jenis, hingga manfaatnya, Anda dapat memanfaatkan teknologi ini untuk melindungi data pribadi, meningkatkan keamanan, dan mengoptimalkan pengalaman online Anda.


Definisi Proxy

Proxy adalah sistem atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai perantara antara pengguna atau jaringan lokal dengan internet.

Untuk pengoperasian proxy membutuhkan sebuah server yang dikenal sebagai proxy server sebuah layanan jaringan yang menyediakan fungsi dari proxy.

Sistem ini berperan dalam menyembunyikan identitas pengguna dengan menggunakan alamat IP dari server proxy saat mengakses berbagai sumber seperti situs web, layanan online, atau file lainnya, dan meneruskannya ke server tujuan tanpa menggunakan alamat IP pengguna asli.

Proxy bekerja dengan cara menerima permintaan dari pengguna, kemudian meneruskannya ke server tujuan, dan akhirnya mengirimkan kembali respons dari server tujuan tersebut ke pengguna.

Biasanya proxy digunakan oleh pengguna untuk mengakses situs web yang diblokir di suatu daerah, dan kepentingan lainnya dalam mengakses suatu server di internet.

Baca juga: Bekal penting bagi orang tua lindungi anak di dunia maya
Baca juga: Cara mengetahui penyedia internet yang tercepat di sekitar rumah


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024