Jakarta (ANTARA) -
Apakah Anda sering merasa terganggu dengan semut di rumah? Masalah semut yang mengganggu menurut kepercayaan spritual dapat diatasi dengan pendekatan melalui doa, Lho.
 
Karena menurut ajaran agama Islam, semut dianggap istimewa karena disebutkan dalam Al-Quran, khususnya dalam surat An-Naml.
 
Selain itu, terdapat hadits yang melarang umat Islam membunuh semut dan hanya memperbolehkan mengusirnya. Salah satu cara untuk mengusir semut dengan membacakan doa Nabi Sulaiman.
 
Doa ini dipercaya sebagai metode efektif untuk mengusir semut yang sering masuk ke rumah, mengganggu kebersihan, dan menimbulkan ketidaknyamanan.
 
Bagi Anda yang sering menghadapi masalah dengan semut di rumah, penting untuk menghafal doa Nabi Sulaiman agar semut tidak mengganggu. Ingin tahu bacaan doa tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.
 
Cara mengusir semut dengan doa Nabi Sulaiman AS
 
Berikut bacaan doanya

حَتَّىٰٓ إِذَآ أَتَوْا۟ عَلَىٰ وَادِ ٱلنَّمْلِ قَالَتْ نَمْلَةٌ يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّمْلُ ٱدْخُلُوا۟ مَسَٰكِنَكُمْ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَٰنُ وَجُنُودُهُۥ وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ
 
Hattā iżā atau ‘alā wādin-namli qālat namlatuy yā ayyuhan-namludkhulụ masākinakum, lā yahṭimannakum sulaimānu wa junụduhụ wa hum lā yasy’urụn (Qs. Al-Naml:18)
 
Artinya: Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari,
 
Selain do'a Nabi Sulaiman AS, dalam ajaran Islam, semut juga dapat diusir dengan do'a dari potongan Surat Al-Israa ayat 44, yang berbunyi:
 
“تُسَبِّحُ لَهُ ٱلسَّمَٰوَٰتُ ٱلسَّبْعُ وَٱلْأَرْضُ وَمَن فِيهِنَّ ۚ وَإِن مِّن شَىْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِۦ وَلَٰكِن لَّا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ ۗ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورً”
 
Artinya: Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada satupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.
 
Kendati demikian, diantara berbagai amalan spiritual yang dianjurkan, banyak umat Muslim yang rutin membacakan doa Nabi Sulaiman untuk mengusir semut.
 
Sebagai catatan, doa ini bukanlah pengganti langkah-langkah praktis seperti memastikan rumah bersih dan menghindari meninggalkan makanan terbuka yang bisa menarik semut.
 
Namun, bagi banyak orang, ini merupakan cara untuk menggabungkan usaha praktis dengan keyakinan spiritual mereka.

Baca juga: Cara tepat cegah penyebaran semut di rumah

Baca juga: Cara membasmi semut dengan bahan alami

Baca juga: Ragam jenis semut di sekitar kita dan ciri-cirinya

Baca juga: Fakta mencengangkan mengenai semut

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024