Semoga dengan adanya fasilitas yang kami berikan ini dapat dipergunakan dengan baik dan bermanfaat bagi warga
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan (Sudin LH Jaksel) memfasilitasi toilet keliling bagi pengungsi kebakaran di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan.
 
"Kami menyiapkan toilet portabel, mobil tangki air, tempat sampah, dan truk pengangkut sampah di posko pengungsian korban terdampak kebakaran di Kelurahan Manggarai," kata Kepala Sudin LH Jakarta Selatan Mohamad Amin di Jakarta, Rabu.
 
Amin merinci fasilitas yang disediakan yaitu delapan unit toilet portabel, dua unit mobil tangki air untuk toilet portabel, 12 unit truk pengangkut sampah, dan 12 tempat sampah.
 
Kemudian, juga menerjunkan 30 personel untuk memberikan pelayanan mengangkut sampah.
 
Dia berharap fasilitas itu disiapkan Sudin LH Jaksel untuk menunjang kebutuhan di posko pengungsian korban terdampak kebakaran di Kelurahan Manggarai.
 
Fasilitas itu tersebar di tiga lokasi posko pengungsian yaitu di area parkir Pasaraya, SD 05 Manggarai, dan di Balai Yasa Manggarai.
 
Dengan demikian, adanya fasilitas tambahan yang diberikan tersebut dapat membantu meringankan beban penyintas kebakaran, terutama untuk kebersihan lingkungan.
 
“Semoga dengan adanya fasilitas yang kami berikan ini dapat dipergunakan dengan baik dan bermanfaat bagi warga," ucapnya.
 
Sementara, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan membuka tiga posko layanan medis bagi penyintas kebakaran di RW 06 dan RW 12 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet.
 
Layanan yang diberikan meliputi, pemeriksaan kesehatan, pemberian obat hingga pemulihan trauma (trauma healing), khususnya bagi anak-anak.
 
Posko kesehatan tersebut akan beroperasi 24 jam dengan mekanisme pembagian tugas menjadi tiga sif per hari dengan mengerahkan dua tenaga kesehatan.
 
Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan telah memberikan bantuan sebanyak 40 paket berisi alat mandi, seragam, hingga selimut, 3.500 kotak nasi hingga tenda dengan kapasitas maksimal 100 orang.
 
Kebakaran terjadi di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Selasa sekitar pukul 02.30 dini hari.
Baca juga: BPBD DKI terjunkan 35 personel jaga lokasi pengungsian Manggarai
Baca juga: Pengajar SDN 05 Manggarai siap hibur anak terdampak kebakaran
Baca juga: Jadi lokasi pengungsi, SDN 05 Manggarai lakukan KBM hibrida

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024