Jakarta (ANTARA) -
Cara membasmi semut bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami, yang kebanyakan bisa ditemukan di rumah.

Apakah Anda pernah menghadapi masalah dengan hama semut di rumah? Berbagai faktor bisa menjadi penyebab kedatangan semut, mulai dari kebersihan ruangan yang kurang terjaga hingga makanan manis yang tidak tersimpan dengan baik, yang dapat menarik perhatian serangga kecil ini.

Semut menjadi salah satu serangga kecil dengan populasi terbesar di dunia. Para ahli memperkirakan terdapat lebih dari satu juta semut di setiap titik di seluruh dunia. Dengan jumlah yang begitu besar, hampir setiap rumah berpotensi terinfeksi semut.

Meskipun semut merupakan serangga kecil yang tampaknya tidak berbahaya, ketertarikan mereka terhadap berbagai barang di rumah dapat menimbulkan kekhawatiran bagi pemiliknya.

Jika Anda mengalami masalah dengan semut di rumah dan ingin menghindari penggunaan bahan kimia seperti obat pengusir semut, ada banyak bahan alami yang bisa menjadi alternatif efektif.

Berikut ini cara membasmi semut dengan bahan-bahan alami:

1. Daun salam

Daun salam terbukti efektif dalam mengusir semut karena semut tidak menyukai bau dan rasanya. Selain itu, daun salam juga dapat mengatasi serangga lain seperti kecoa, ngengat, lalat, dan tikus.

Untuk penggunaannya, cukup letakkan beberapa lembar daun salam segar atau kering di dalam wadah penyimpanan makanan atau di area yang sering dikunjungi semut atau hama lainnya.

2. Cabai, merica, atau lada

Untuk mengusir semut, Anda bisa menaruh cabai, merica, atau lada di area yang sering dikerumuni semut, seperti dapur atau tempat penyimpanan makanan.

Aroma pedas dari bahan-bahan ini biasanya dianggap mengganggu dan tidak disukai oleh semut.

3. Cengkeh

Cengkeh juga efektif untuk mengusir semut. Rempah itu memiliki sifat racun yang memengaruhi banyak serangga, termasuk semut.

Caranya cukup mudah, Anda bisa meletakkan beberapa buah cengkeh di area yang sering dilalui semut atau taburkan bubuk cengkeh di tempat-tempat yang menjadi sarang semut.

4. Cuka dan air

Anda juga dapat memanfaatkan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:1 sebagai semprotan alami. Cuka tidak hanya efektif untuk mengusir semut, tapi, juga menghapus jejak feromon yang mereka gunakan untuk berkomunikasi.

Cara menggunakannya, Anda cukup menyemprotkan campuran itu di area yang sering dikunjungi oleh semut atau serangga-serangga lain.

5. Kulit atau air buah lemon, jeruk, dan limau

Selain cuka dan air, perasan lemon, jeruk, dan limau juga efektif sebagai pengusir semut dan serangga secara alami.

Anda bisa menaruh kulit buah-buahan itu atau menyemprotkan perasannya di sekitar sarang semut, seperti di dapur atau dekat wadah penyimpanan.

6. Minyak peppermint

Minyak peppermint dapat digunakan sebagai pengusir semut dengan cara yang sederhana. Campurkan 10–20 tetes minyak peppermint dengan 2 gelas air dalam botol semprot yang bersih.

Semprotkan campuran tersebut pada area yang sering dilalui semut atau di tempat-tempat mereka sering muncul, lalu biarkan hingga kering.

7. Kayu manis

Kayu manis tidak hanya memberikan aroma segar di dapur, tetapi, juga membantu mencegah serangan semut. Semut cenderung menghindari bau kayu manis sehingga area di sekitarnya akan lebih terjaga dari serangan semut.

Untuk mencegah semut, Anda dapat menempatkan beberapa potongan kayu manis di beberapa wadah penyimpanan yang rawan akan ancaman semut.

8. Tea tree oil

Salah satu cara efektif untuk mengusir semut yaitu dengan menggunakan tea tree oil. Minyak atsiri itu terbukti dapat membunuh serangga, termasuk semut dan lalat.

Campurkan 5–10 tetes tea tree oil dengan 2 gelas air dalam botol semprot yang bersih. Semprotkan campuran tersebut pada area rumah yang banyak semut, seperti dinding, jendela, atau lantai.

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024