Jakarta (ANTARA) -
Telkomsel mencatat lonjakan trafik data hingga 650 persen dengan total payload per hari mencapai 37,4 terabyte, seiring peran aktif perusahaan dalam pembangunan dan pengembangan konektivitas broadband 5G di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dikutip dari rilis yang diterima, Rabu, lonjakan ini terjadi tidak terlepas dari upaya Telkomsel yang telah menyiapkan 55 base transceiver station (BTS) berteknologi 5G dan 4G di berbagai lokasi strategis di IKN sejak awal 2023.

Peningkatan signifikan pada trafik data ini dipicu oleh semakin tingginya aktivitas digital dari pekerja, masyarakat, dan pengunjung yang beraktivitas di wilayah IKN.

Selain itu, Telkomsel juga telah menambah dan mengoptimalkan jaringan di dua ruas tol penghubung IKN, yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Tol Baru IKN, untuk memastikan konektivitas yang stabil dan cepat bagi para pengguna yang memasuki wilayah tersebut.

Baca juga: Telkomsel hadirkan kapabilitas Gen AI terkini dalam bentuk Ted

Baca juga: Telkomsel bakal perluas 5G di Jabodetabek

Dengan dukungan infrastruktur jaringan yang luas dan andal serta inovasi berkelanjutan di IKN, hal tersebut mempertegas langkah strategis Telkomsel dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan IKN sebagai pusat pemerintahan baru yang memiliki kapabilitas kota pintar dan berbasiskan teknologi.

Baca juga: Menkominfo pastikan telekomunikasi di IKN andal untuk HUT RI ke-79

Baca juga: OIKN targetkan infrastruktur telekomunikasi beroperasi Agustus 2024

Baca juga: Erick Thohir: Pembangunan TSO di IKN jadi hub telekomunikasi Nusantara

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024