Jadi ini kami persembahkan untuk masyarakat, semoga kita bersama-sama bisa terus melestarikannya.
Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menggelar Festival Budaya Pasar Terapung di Sungai Martapura, Banjarmasin, dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-74 provinsi setempat dan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024.
 
Festival yang memperlihatkan kebudayaan jual beli masyarakat Banjar di Sungai Martapura menggunakan sampan kebanyakan dilakoni ibu-ibu tersebut, diresmikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Rabu.
 
Festival yang juga akan menampilkan atraksi kebudayaan dan seni budaya daerah tersebut berlangsung dari 14-17 Agustus 2024.
 
Gubernur berharap festival ini menjadi hiburan masyarakat dan pelestarian budaya daerah, di mana Pasar Terapung merupakan ikon provinsi ini.
 
Selain itu, kata Gubernur lagi, untuk meningkatkan kunjungan wisata, karena Festival Budaya Pasar Terapung sangat menarik disaksikan.
 
"Jadi ini kami persembahkan untuk masyarakat, semoga kita bersama-sama bisa terus melestarikannya," kata Gubernur.
 
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Muhammad Syarifuddin menyatakan kemeriahan Festival Budaya Pasar Terapung 2024 dibarengi juga dengan diadakannya di sekitar siring kampung Banjar, yakni diisi stan-stan produk UMKM dari kabupaten/kota.
 
Selain itu, ada juga kemeriahan dan keindahan kelotok hias atau perahu bermotor yang dihiasi dan gemerlap lampu hias.
 
"Ada juga digelar berbagai lomba, diantaranya fotografi dan E-sport (Mobile Legend)," ujarnya pula.
 
Melalui Festival Budaya Pasar Terapung ini, dia berharap dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat khususnya yang terkait dengan sektor pariwisata.
 
"Semoga event ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di sektor terkait pariwisata seperti pelaku ekonomi kreatif, rental mobil, perhotelan dan kuliner," katanya lagi.
Baca juga: Ratusan peserta ikuti Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2024
Baca juga: Kalsel tingkatkan perekonomian melalui Festival Pasar Terapung 2024

Pewarta: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024