"Pertimbangannya tentu tidak lepas dari prestasi beliau yang membanggakan. Di bawah kepemimpinan Muhaimin Iskandar, PKB pada Pemilu 2024 berhasil mencapai keberhasilan tertinggi dan terbaik dalam sejarah PKB sejak berdiri tahun 1998, baik di tingkat
Kulon Progo (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangka Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan deklarasi mendukung Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Ketua Umum DPP PKB Periode 2024-2029 pada Muktamar PKB pada 24-25 Agustus 2024 mendatang di Bali.

Ketua DPC PKB Kulon Progo Sihabudin di Kulon Progo, Rabu, mengatakan berdasarkan hasil rapat pleno tentang Muktamar PKB pada 24-25 Agustus 2024 mendatang di Bali, PKB Kulon Progo sepakat bulat dan satu komando meminta dan mendukung Muhaimin Iskandar sebagai Ketum DPP PKB dalam Muktamar 2024 nanti.

"Pertimbangannya tentu tidak lepas dari prestasi beliau yang membanggakan. Di bawah kepemimpinan Muhaimin Iskandar, PKB pada Pemilu 2024 berhasil mencapai keberhasilan tertinggi dan terbaik dalam sejarah PKB sejak berdiri tahun 1998, baik di tingkat DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/ Kota se-DIY," kata Sihabudin.

Hadir dalam deklarasi para Wakil Ketua dan Sekretaris DPC PKB setempat, Fitroh Nurwijoyo Legowo dan anggota Fraksi PKB DPRD Kulon Progo, Titik Wijayanti, Sutrisno, Suharto dan Kartono serta Qois Reiza Fahmi.

Ia mengatakan Muktamar PKB sebagai forum permusyawaratan tertinggi partai perlu mengambil keputusan tentang kepemimpinan partai yang memastikan keberlanjutan kesuksesan PKB di tahun 2024 dan juga menjamin soliditas internal partai.

Pemilu 2024 kemarin, secara Nasional, PKB bisa mendapat kursi di Lembaga Legislatif sebanyak 68 kursi. Jumlah tersebut naik 10 kursi dibanding perolehan kursi pada Pemilu 2019 silam.

"Untuk itu, PKB Kulon Progo mendukung penuh Muhaimin Iskandar dalam Muktamar PKB," katanya.

Sihabudin mengatakan dukungan tersebut dituangkan dalam Anggaran Rumah Tangga PKB Bab X pasal 72 tentang Muktamar dan Keputusan Musyawarah Kerja Wilayah DPW PKB dan DPC PKB se-DIY pada Sabtu tanggal 3 Agustus 2024.

"Serta keputusan rapat pleno DPC PKB Kulon Progo pada Rabu tanggal 14 Agustus 2024," katanya.

Sebelum rapat pleno memutuskan meminta dan mendukung Muhaimin Iskandar sebagai Ketum PKB dalam Muktamar nanti, pihaknya juga memperhatikan masukan, saran dan pendapat dari para Pengurus DPC PKB Kabupaten Kulon Progo yang disampaikan pada Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) pada 25 Juli 2024 lalu.

"Dukungan ini merupakan suara pendukung PKB di akar rumput," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024