Pelatihan ini merupakan kerja sama antara Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan dan Bapas Kelas I Jakarta Selatan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan (Jaksel) memberikan fasilitas pelatihan olah hasil pertanian bagi penghuni Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Selatan.
 
"Pelatihan yang diberikan bagi klien Bapas Jaksel seperti cara membuat susu, roti, dan mengolah hasil pertanian, serta menanam sayuran," kata Plt Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Selatan, Mukhlisin di Jakarta, Rabu.
 
Pelatihan ini merupakan kerja sama antara Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan dan Bapas Kelas I Jakarta Selatan.
 
Kerja sama ini dalam bentuk menyediakan tempat pelatihan yang diberi nama Rintisan Bapas Produktif (Ripaspro) Griya Abhipraya Gelatik Nawasena di Agro Edukasi Wisata (AEW) Ragunan.
 
Mukhlisin mengatakan kegiatan kerja sama melalui program Griya Abhipraya ini merupakan cerminan dari sinergi antara pihak terkait dalam serangkaian kegiatan untuk tercapainya proses re-integrasi.
 
"Semoga dengan pengembangan soft skill (keterampilan non teknis) para klien Bapas Kelas I Jaksel adalah contoh kongkret dari sinergi tersebut," ucapnya.
 
Sementara itu, Kepala Bapas Jakarta Selatan, Unggul Widiyo Saputro mengapresiasi  sinergi yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan penghuni Bapas.
 
"Semoga dengan sinergi ini, nantinya para klien Bapas akan memiliki kemampuan yang baik dalam meningkatkan perekonomian," ujar Unggul.
 
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan peresmian Perpustakaan Digital Bapas Kelas I Jakarta Selatan dan buku "Menyalakan Lentera Literasi Griya Abhipraya Gelatik Nawasena" yang juga merupakan hasil kerja sama antara Sudin KPKP Jaksel, Yayasan Qudwah Al-Barosiah, serta Yayasan Literasi dan Kreasi Indonesia.
 
Ripaspro Griya Abhipraya Gelatik Nawasena diresmikan diantaranya oleh Plt Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Selatan, Mukhlisin, Kepala Bapas Jakarta Selatan, Unggul Widiyo Saputro, dan Kepala Sudin KPKP Jaksel, Hasudungan A Sidabalok.
Baca juga: Jakpus latih olahan pangan dari daging ternak di RPTRA Gondangdia
Baca juga: Warga binaan Lapas Salemba diberi aneka pelatihan kerja
Baca juga: Mahasiswa PNJ ikuti pelatihan jurnalistik di Antara Heritage Center

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024