pelebaran saluran air di lokasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan kapasitas  tampung air saat terjadi hujan
Jakarta (ANTARA) - Progres pelebaran saluran air sepanjang satu kilometer di kawasan Perumahan Carina Sayang, Jalan Kacang Tanah Raya, RW 10 Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat mencapai 40 persen.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat Purwanti Suryandari menyebut  pelebaran saluran air di lokasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan kapasitas  tampung air saat terjadi hujan.

"Perlu dilebarkan karena kondisi salurannya kecil sehingga daya tampung air kurang maksimal terutama saat  hujan. Selain itu juga sudah banyak yang rusak," kata Purwanti di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, saluran sepanjang satu kilometer itu memiliki lebar 40 centimeter dan tinggi 40 centimeter.

"Selanjutnya diperlebar dan dipasang beton u  (u-ditch) dengan ukuran menjadi 60, 80, dan 100 centimeter dengan tingginya satu meter," kata Purwanti.

Purwanti mengungkapkan  pembuatan saluran menggunakan dana APBD 2024 yang dikerjakan kontraktor swasta selama 120 hari kalender mulai dari 12 Juni hingga 9 Oktober 2024.

"Saat ini pengerjaan sudah mencapai 40 persen. Dengan saluran diperlebar, saat musim hujan akan lebih banyak menampung air sehingga wilayah tersebut bebas dari genangan," harapnya.
Baca juga: DKI ajukan bangun delapan sistem polder cegah banjir pada APBD 2025
Baca juga: Cempaka Putih lakukan gerebek lumpur untuk cegah genangan saat hujan
Baca juga: APBD Perubahan DKI fokus untuk penanganan banjir dan stunting


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024