Jakarta (ANTARA) - Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Ponorogo, Jawa Timur bakal menggelar World Muslim Scout Jamboree (WMSJ) 2025 guna memeriahkan rentetan acara Peringatan 100 Tahun Gontor.

Kegiatan jambore kepanduan Muslim dunia tersebut telah diluncurkan secara praresmi (soft launching) bertepatan dengan Hari Pramuka yang jatuh pada hari ini oleh Anggota Badan Wakaf PMDG Prof Dr KH Husnan Bey Fananie.

"Panitia WMSJ 2025 didampingi Panitia Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor menggelar peringatan Hari Pramuka ke-63 sekaligus penyelenggaraan World Muslim Scout Jamboree 2025," kata Husnan lewat keterangan di Jakarta, Rabu.

Mantan Duta Besar RI untuk Azerbaijan itu menyebutkan kegiatan jambore bertaraf internasional tersebut didukung secara penuh oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Gelaran tersebut, kata dia, akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Nasional Cibubur, Jakarta, pada 9 hingga 14 September 2025 mendatang.

Baca juga: Ponpes Gontor pastikan Pramuka tetap menjadi ekstrakurikuler wajib

Adapun tema yang diangkat dalam agenda ini, lanjut Husnan, mewakili mimpi dari seluruh Pramuka Muslim dunia yang menginginkan terwujudnya perdamaian, khususnya bagi negara-negara Muslim di dunia.

"We are Muslim: Civilized, United, and Peaceful," katanya menyebut tema utama kegiatan ini.

Husnan menargetkan, agenda ini bisa merangkul seluruh pramuka Muslim yang tersebar di berbagai belahan dunia, serta menjadi syiar kedamaian untuk semua manusia.

"Insya Allah akan ada puluhan ribu anggota pramuka sedunia yang akan mengikuti Jambore Muslim Dunia ini," tutur Husnan.

Baca juga: Unida Gontor jalin kerja sama dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024