Jakarta (ANTARA) - LRT Jabodebek menyediakan fasilitas isi ulang air minum gratis di seluruh stasiunnya, sebagai upaya mendukung kesehatan publik serta mengurangi sampah plastik.   

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, pengguna dapat menikmati air minum yang aman dikonsumsi dan berkualitas secara gratis, sambil membentuk kebiasaan baik dengan membawa botol minum sendiri.

"Langkah ini juga sejalan dengan upaya pengurangan penggunaan plastik sekali pakai serta mendukung kampanye cinta lingkungan," ujar Mahendro.

Dia menjelaskan, fasilitas isi ulang air minum yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah memenuhi prasyarat kesehatan yang ketat, dengan air yang telah dianalisis di Water Quality Laboratory (WQL) yang dikelola oleh Coway bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan.

Mahendro menyebut bahwa fasilitas tersebut merupakan komitmen KAI untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Menurutnya, KAI ingin memastikan bahwa setiap perjalanan dengan LRT Jabodebek tidak hanya nyaman, tetapi juga mendukung kesehatan dan kebiasaan positif pengguna.  

"Kami mengajak seluruh pengguna LRT Jabodebek untuk memanfaatkan fasilitas water station ini dengan bijak, mendukung gaya hidup sehat, dan turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan," katanya.  

Dia menjelaskan, terdapat sejumlah stasiun dengan 2 unit fasilitas itu, antara lain Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Cawang, Ciracas, Harjamukti, Halim, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

Sementara itu, dia menambahkan, lima stasiun, yaitu Ciliwung, TMII, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, masing-masing memiliki satu unit.

Baca juga: Tarif normal LRT Jabodebek 2024
Baca juga: LRT Jabodebek: Informasi stasiun dan rute Bekasi - Jakarta
Baca juga: Rute LRT Jabodebek dan jadwal terbaru 2024

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024