Setiap penukaran uang logam dengan kelipatan Rp20.000 nanti akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan dengan suvenir dan kupon undian
Jakarta (ANTARA) - Perwakilan Bank Indonesia (BI) menyebutkan masyarakat bisa menukar uang logam, uang Rp75.000 hingga aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2024 pada 16-18 Agustus 2024 di Istora Senayan, Jakarta.

"Setiap penukaran uang logam dengan kelipatan Rp20.000 nanti akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan dengan suvenir dan kupon undian. Disdukcapil juga ada (booth) untuk memfasilitasi warga yang ingin aktivasi IKD," kata Asisten Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Fenty Tirtasari Ekarina dalam seminar daring yang diadakan Pemprov DKI Jakarta, Rabu.

BI mengajak masyarakat untuk meningkatkan kecintaan terhadap uang rupiah logam karena meski nominalnya kecil namun besar manfaatnya sebagai alat transaksi pembayaran yang sah di seluruh NKRI.

Masyarakat dapat menukarkan berbagai jenis pecahan dan tahun emisi uang rupiah logam menjadi uang rupiah kertas. Logam yang akan ditukarkan dipisahkan berdasarkan jenis pecahan dan tahun emisi, serta tidak direkatkan menggunakan lakban atau solatip atau perekat lainnya.

Pendaftaran penukaran uang Rupiah logam dilakukan secara daring melalui tautan https://bit.ly/PenukaranUangFERBI2024.

Adapun FERBI yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ketiga mengusung tema "Rupiah Ambassador of Indonesia". Acara itu akan diramaikan 18 booth yang terkait dengan mitra-mitra strategis BI dan berbagai instalasi yang mencerminkan keragaman, persatuan dan nasionalisme Indonesia.

"Ada juga dialog kebangsaan Indonesia Maju menghadirkan tokoh-tokoh nasional seperti Meutia Hatta dan tenaga pendidik inspiratif. Pada hari kedua ada bedah buku "Rupiah untuk Kedaulatan Negara", di dalamnya banyak hal terkait dengan rupiah dari masa ke masa," jelas Fenty.

Selama tiga acara, ada berbagai permainan dan kesempatan bagi pengunjung untuk meraih suvenir.

"Di sana ada beberapa booth yang terkait dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta," kata dia yang menegaskan acara tersebut gratis bagi pengunjung.
Baca juga: BI tak cetak uang rupiah edisi khusus sambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI
Baca juga: Kemenkeu blokir 69 perusahaan yang tak penuhi kewajiban DHE
Baca juga: BI dan 10 entitas kerja sama pengembangan central counterparty

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024